Friday, July 10, 2020

Cara mudah membuat Laptop menjadi Modem Hotspot di Windows 10

Cara membuat Laptop menjadi Hotspot

Kata orang Windows 10 merupakan versi Windows terakhir dan tidak akan ada lagi setelahnya versi Windows yang akan di rilis oleh pihak Microsoft, apakah itu benar? saya kurang yakin dengan masalah ini.

Tetapi, jika melihat fitur yang di tawarkan owlh Windows 10 dan selalu mendapat update dengan durasi yang terbilang sering, bisa jadi klaim seperti diatas benar adanya.

Yang menarik dari Windows 10 adalah kemampuan OS Desktop yang di gabung dengan gaya dan fitur Mobile, sehingga tidak kaku seperti OS Windows sebelumnya.

Jika di versi Windows 7 dan 8 anda hanya bisa membuat titik Access Point Hotspot hanya menggunakan jaringan Ad-hoc maka di Windows 10 anda bisa membuat jaringan Hotspot universal yang bisa di akses oleh semua device.

Sebenarnya di Windows 7 dan 8 anda juga bisa membuat Hotspot tersebut, tetapi dengan aplikasi pihak ketiga saja. Tetapi, di Windows 10 anda tidak perlu aplikasi pihak ke-3 karena fitur ini sudah ada secara default.

Lalu bagaimana cara membuat akses Hotspot di Windows 10? berikut adalah cara kerjanya :

1. Silahkan masuk pengaturan di start menu, atau lebih mudahnya tekan "Windows + I".

Cara membuat Laptop menjadi Hotspot

2. Pilih menu Hotspot & Internet.

Cara membuat Laptop menjadi Hotspot

3. Selanjutnya pilih menu Mobile Hotspot.

Cara membuat Laptop menjadi Hotspot

4. Turn On Mobile Hotspot.

Cara membuat Laptop menjadi Hotspot

5. Silahkan buat Nama Access Point dan berikan Password agar tidak mudah di akses orang yang tidak berhak.

Cara membuat Laptop menjadi Hotspot

6. Jika berhasil, maka titik Access Point bisa muncul dan bisa di akses melalui smartphone, contohnya seperti ini.

Cara membuat Laptop menjadi Hotspot

7. Pada halaman Mobile Hotspot di Windows 10 pun juga akan muncul Informasi Device apa yang sudah terkoneksi ke jaringan Hotspot yang telah di buat.

Cara membuat Laptop menjadi Hotspot

8. Fitur ini hanya membolehkan 8 device saja yang boleh terkoneksi ke jaringan Mobile Hotspot tersebut, saya pikir ini sudah lebih dari cukup.
9. Done!

Dengan demikian anda bisa dengan leluasa membagi jaringan Internet tanpa perlu adanya Router lagi, syarat umum yang di perlukan adalah PC Desktop atau Laptop anda haruslah memiliki fitur Wi-Fi.

Ketika pengujian, jaringan dan signal dari Wi-Fi yang di buat di Windows 10 terlihat stabil dan kurang lebih sama saja dengan jaringan Router yang saya miliki.

Namun, ada kekurangannya yaitu signal akan menjadi sangat lemah pada jarak tertentu, sehingga maksimalnya penggunaan Mobile Hotspot di Windows 10 ini adalah dalam lingkup radius 2 meter saja, lebih dari itu secara pribadi menurut saya tidak akan maksimal.

Tetapi, hal tersebut tergantung dari Hardware WI-Fi di PC Desktop atau Laptop itu sendiri, jika memang jangkauannya luas mungkin anda bisa menikmati layanan Prima Mobile Hotspot Windows 10 ini dalam jarak 5 Meter lebih, selamat mencoba.

Tags :

Published by : Javem Tupelo

Rada belagu sih, tapi ngangenin!