Cara melihat IP Address dan MAC Address PC Desktop dengan mudah dan jelas - ASHADIN

Wednesday, February 20, 2019

Cara melihat IP Address dan MAC Address PC Desktop dengan mudah dan jelas

Cara melihat IP Address dan MAC Address PC Desktop dengan mudah dan jelas

Cara cek IP Address dan MAC Address Windows

Bagi anda yang sering mengutak-atik jaringan atau istilah kerennya Networking pasti sudah sangat mengenal kedua buah komponen penting dalam jaringan Internet, yaitu adalah IP Address dan MAC Address.

Kedua buah komponen ini memang menjadi sangat penting, karena berguna untuk melakukan identifikasi terhadap perangkat yang terhubung ke suatu titik jaringan tau biasa kita sebut Router, 2 komponen penting tersebut bisa memberitahu informasi masing-masing perangkat yang terhubung dan biasanya sifatnya unik, karena berupa angka dan selalu berbeda dari tiap device.

Bagi anda yang baru saja belajar mengenai jaringan atau anda ingin melakukan sesuatu dengan kedua komponen ini, sebagai contoh anda ingin bereksperimen atau anda hanya sekedar ingin mengetahui informasi IP Address atau Mac Address saja, maka bisa menggunakan cara mudah yang akan saya sampaikan di bawah ini :

Sebenarnya cara ini terkhusus di lakukan di PC Windows saja, untuk sistem operasi lain saya tidak tahu apakah berfungsi atau tidak, karena saya sendiri pun tidak begitu memahami masalah jaringan tersebut, berikut adalah cara untuk melihat IP Address dan MAC Address di semua versi Windows :

1. Buka Command Prompt (CMD).
2. Masukan perintah ini :

ipconfig /all

3. Maka akan muncul banyak tulisan, untuk melakukan identifikasi IP Address adalah pada bagian ini :

Cara cek IP Address dan MAC Address Windows

4. Selanjutnya untuk melihat MAC Address pada bagian ini :

Cara cek IP Address dan MAC Address Windows

5. Selesai!

Mudah sekali bukan cara untuk melihat IP Address dan MAC Address yang anda gunakan di PC Windows, sebenarnya anda bisa saja mengganti IP Address dan MAC Address tersebut, namun hal ini memerlukan keahlian khusus, karena anda harus tahu betul setiap komponennya seperti Subnet Mask, DNS dan lain sebagainya.

Cara diatas memang bukan cara satu-satunya, masih ada beberapa cara lain lagi, namun kalau ingin lebih terperinci cara diatas bisa anda andalkan, dengan alasan cara pengerjaannya yang sangat mudah dan bisa di pahami siapa saja, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua!

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact