Cara ampuh mengatasi Bluetooth Notifikasi smartwatch yang tidak muncul - ASHADIN

Wednesday, February 13, 2019

Atasi Notifikasi Bluetooth Smartwatch

Cara ampuh mengatasi Bluetooth Notifikasi smartwatch yang tidak muncul

Cara atasi notifikasi smartwatch yang tidak muncul

Salah satu alasan kenapa banyak orang suka dengan smartwatch adalah kemampuan notifkasinya yang real time atau sama dengan yang ada di smartphone Android anda, umumnya kemampuan ini menggunakan Bluetooth sebagai penghubung smartphone dan smartwatch anda.

Jika ada notifikasi maka harusnya dari smartphone akan langsung di transfer ke smartwatch anda, sehingga anda akan tahu bahwa ada chat masuk, agenda, telpon, email dan lain sebagainya dan saya juga tidak ingin berdusta bahwa salah satu alasan kenapa saya membeli sebuah smartwatch adalah karena saya membutuhkan fitur notifikasi ini.

Karena dalam keseharian saya yang mungkin terlalu fokus berkerja, maka setiap ada chat atau hal lain yang terjadi di smartphone saya, maka saya baru akan tahu jika sudah di telpon dan tidak jarang saya di marahi atasan bahkan istri saya sendiri, karena memang saya suka menggunakan mode getar saja di smartphone yang saya miliki.

Namun, setelah menggunakan smartwatch dalam beberapa hari saya menemukan sebuah hal aneh, itu adalah bahwa notifkasi yang harusnya muncul di smartwatch, tidak muncul padahal koneksi Bluetooth telah terhubung, apa artinya smartwatch saya rusak?

Setelah kesana kemari mencari tahu, saya mendapatkan sebuah fakta menarik dari kasus yang saya alami tersebut :

1. Smartwatch menggunakan Bluetooth rendah energi sehingga tidak jarang terjadi disconnect antara smartwatch dan smartphone.
2. Aplikasi penghubung smartphone ke smartwatch tidak boleh kena battery restrict dalam artian di bebaskan berjalan di app background, kalau di kill oleh system sudah jelas notifikasi tidak akan di kirmkan ke smartwatch.

Sampai disini saya berpikiran bahwa mungkin memang segini kemampuan Smartwatch yang saya beli, maklum bukan barang branded dan tergolong entry level.

Tetapi betapa terkejutnya saya ketika saya membaca di sebuah forum smartwatch branded juga mengalami masalah serupa, hingga saya menemukan solusi dari hal ini, yaitu adalah sebagai berikut :

1. Silahkan anda buka aplikasi Play Store dulu dan Donwload aplikasi bernama Notification Manager for apps, fungsi utama dari aplikasi satu ini adalah untuk membuka settingan Notifikasi Access cuma itu sebenarnya, namun disinilah kuncinya.

Cara atasi notifikasi smartwatch yang tidak muncul

2. Silahkan hubungkan device anda ke smartwatch dengan Bluetooth.
3. Jika sudah silahkan buka aplikasi Notification Manager for apps tersebut, lalu silahkan hilangkan centang/nonaktifkan notifikasi access untuk aplikasi terkait, dalam kasus ini saya menggunakan aplikasi bernama WiiWatch.

Cara atasi notifikasi smartwatch yang tidak muncul

4. Jika sudah silahkan di On kan lagi.

Cara atasi notifikasi smartwatch yang tidak muncul

5. Harusnya notifikasi sudah masuk lagi ke smartwatch anda.

Lakukan selalu hal ini ketika anda telah menghubungkan device anda ke smartwatch dengan Bluetooth, memang terkesan cukup ribet, namun cuma itu solusinya yang saya tahu, ketika saya mengamalkan cara ini, sampai detik ini saya tidak ada masalah lagi terkait notifikasi yang tidak muncul di smartwatch.

Kalau kita berbicara penyebab, saya pikir ini ada sangkut pautnya dengan smartphone yang anda miliki, karena bisa jadi processnya di batasi oleh system, karena kasus seperti ini sering di temukan pada device Xiaomi, Oppo, Vivo, Samsung yang kita tahu memang menggunakan system restrict app yang cukup baik.

Bisa jadi aplikasi Synchronize antara Watch dan Smartphone di batasi, bahkan di ubah settingan defaultnya ketika smartphone sudah masuk dalam mode standby atau deepsleep, ini hanya asumsi saya saja, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact