Cara agar bisa mengcopy file lebih dari 4GB ke dalam Flash Disk - ASHADIN

Monday, February 18, 2019

Cara agar bisa mengcopy file lebih dari 4GB ke dalam Flash Disk

Cara agar bisa mengcopy file lebih dari 4GB ke dalam Flash Disk

Cara agar bisa Copy file lebih dari 4GB kedalam Flash Disk

Saya yakin diantara anda semua pasti pernah mengalami masalah serupa, yaitu tidak bisa meng-Copy file besar kedalam sebuah Flash Drive atau lebih di kenal dengan Flash Disk, tentu saja saya dulu juga di buat bingung dengan hal ini, namun ternyata solusinya cukup mudah untuk di lakukan.

Sebelum itu perlu anda ketahui bahwa file yang tidak bisa di Copy disini adalah file yang berbentuk single bukan folder misalkan bertipe Compressed seperti .zip atau .rar yang berukuran lebih dari 4GB pasti tidak akan bisa di Copy Paste kedalam sebuah Flash Disk.

Alasannya sederhana saja, karena semua Flash Disk yang ada sekarang di settings menggunakan sistem FAT32 yang artinya semua Flash Disk yang di jual kepasaran itu tidak bisa meng-Copy file lebih dari 4GB.

Alasan kenapa produsen Flash Disk menggunakan sistem FAT32 adalah karena sistem ini bisa di gunakan di semua Sistem Operasi (OS), jadi artinya Flash Disk tersebut bisa di gunakan kapanpun dan dimanapun asalkan tersedia Port penghubungnya.

Namun, jika anda menggunakan Windows maka menggunakan format Flash Disk selain FAT32 itu sama sekali tidak ada masalah.

Dengan demikian, jika anda ingin men-Copy file besar lebih dari 4GB ke dalam sebuah Flash Disk maka anda harus melakukan Format terhadap Flash Disk itu sendiri dulu, karena disini kita akan mengubah File System dari Flash Disk itu sendiri.

Jika memang ada data yang penting dalam Flash Disk silahkan di backup terlebih dahulu, jika sudah siap silahkan ikuti cara ini :

1. Silahkan koneksikan Flash Disk anda ke PC Desktop.
2. Jika sudah terbaca, Klik Kanan pada pada USB Drive yang telah terbaca seperti ini :

Cara agar bisa Copy file lebih dari 4GB kedalam Flash Disk

3. Jika sudah tekan opsi Format.
4. Selanjutnya pada opsi File System pilih NTFS.

Cara agar bisa Copy file lebih dari 4GB kedalam Flash Disk

5. Jika anda ingin proses Formatnya berlangsung cepat, centang opsi Quick Format, namun saya sarankan jika anda punya banyak waktu sebaiknya hilangkan centang pada opsi Quick Format. Namun, proses Formatnya akan memakan waktu yang tidak sebentar, tetapi hasilnya akan lebih baik dari pada proses dengan opsi Quick Format.
6. Terakhir silahkan tekan Start.
7. Tunggu hingga proses selesai, ingat cara ini akan menghapus semua data anda di dalam Flash Disk!.
8. Jika sudah silahkan coba Copy file besar yang lebih dari 4GB, 100% saya yakin akan berhasil!
9. Done!

Sangat mudah bukan? apakah ada dampak dari implementasi cara diatas? sejauh ini saya tidak menemukan dampak apapun, Flash Disk saya masih tetap berfungsi dengan normal.

Namun, saya ingatkan lagi format NTFS ini tidak bisa di gunakan ke dalam semua Sistem Operasi Komputerisasi yang ada. Tetapi jika anda hanya menggunakan Windows saja, saya pikir memilih Format System NTFS menjadi layak dan harus anda lakukan, karena lebih banyak untungnya jika anda melakukan hal ini.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact