Begini cara Update Windows secara Offline tanpa perlu install ulang - ASHADIN

Sunday, February 17, 2019

Update Windows Offline

Begini cara Update Windows secara Offline tanpa perlu install ulang

Cara update Windows Update secara Offline tanpa perlu Install Ulang

Saya yakin hanya sedikit dari anda semua yang tahu terkait cara yang akan saya sampaikan sekarang ini, karena pasalnya cara ini memang tidak biasa di gunakan, dan pihak Windows pun setau saya tuidak terlalu memperhatikan cara alternatif ini dan lebih menekankan pada Windows Update berbasis Otomatis secara Online.

Jika di lihat dari prosesnya cara ini memang terkesan sedikit ribet dan tidak sesimple cara update secara Online, hanya saja bagi anda yang telah menonaktifkan fitur Windows Update agar tidak mengganggu performa PC. Namun, tetap ini Windows yang Up to date, maka cara ini bisa anda terapkan.

Untuk anda ketahui sendiri saya selalu menggunakan cara ini dan tidak pernah ada masalah sampai sekarang, tujuan saya membuat artikel ini untuk memberitahu anda yang tidak tahu, karena jika anda menganggap untuk mendapatkan versi Windows terbaru tanpa Windows Update, maka caranya adalah dengan melakukan Install ulang, cara ini 100% keliru menurut saya.

Karena pasalnya anda tidak perlu mengorbankan data dan waktu anda, karena anda bisa melakukan Update Windows tersebut secara Offline yang tentu saja mudah untuk di lakukan siapa saja.

Hal penting sebelum anda melakukan Update Windows secara Offline ini adalah sebagai berikut :

1. Koneksi Internet
2. Menyediakan Kouta yang lumayan ada kalannya anda perlu mendownload Update hingga 1GB dan adakalanya juga puluhan MB saja.
3. Pastikan File yang akan anda Donwload tidak Corrupt

Jika sudah anda pastikan ke-3 hal di atas, maka langkah selanjutnya adalah sebagai berikut, perlu anda ketahui contoh kasus yang saya terapkan di bawah ini hanya untuk Windows 10 saja, untuk seri Windows di bawahnya caranya kurang lebih sama saja :

1. Pertama silahkan anda Cek terlebih dahulu versi Windows 10 Build berapa yang anda gunakan, caranya adalah dengan masuk menu RUN (Windows + R), selanjutnya masukan winver pada kotak RUN tersebut, maka akan muncul versi Windows 10 yang anda gunakan.

Cara update Windows Update secara Offline tanpa perlu Install Ulang

2. Selanjutnya, masuk ke halaman Update History Windows 10 DISINI.
3. Lihat pada bagian kiri atas, disini disedikan menu terkait Build Windows 10 yang tersedia, karena punya saya Windows 10 Build 1803, maka saya memilih yang hanya untuk Build 1803 saja, untuk anda sendiri silahkan sesuaikan sesuai versi Build Windows 10 yang anda miliki.

Cara update Windows Update secara Offline tanpa perlu Install Ulang

4. Selanjutnya silahkan lihat lagi di bagian kiri yang bertuliskan "In this release" pilih Update Windows yang paling baru, indikasinya ada di tanggal rilisnya.

Cara update Windows Update secara Offline tanpa perlu Install Ulang

5. Jika sudah anda tentukan, lihat pada bagian bawah halaman Update tersebut pada bagian "How to get this update", dan tekan Link yang bertuliskan "Microsoft Update Catalog", seperti ini :

Cara update Windows Update secara Offline tanpa perlu Install Ulang

6. Selanjutnya anda akan di bawa ke halaman Windows Catalog, silahkan download versi update Windows yang anda butuhkan, sesuaikan dengan versi Windows yang anda gunakan apakah X86 (32-bit) atau X64 (64-bit).

Cara update Windows Update secara Offline tanpa perlu Install Ulang

7. Download dan Install seperti biasa.
8. Selamat Windows 10 anda sudah berada di versi paling baru!

Sangat mudah bukan? anda tidak harus melakukan Install ulang OS yang tentu saja akan menghapus minimal data di Drive C, selain itu dengan menggunkan cara ini anda lebih hemat waktu dan tenaga.

Bagi anda yang tidak suka dengan fitur Windows Update seperti saya yang menganggap fitur tersebut berimbas ke performa PC (untuk spek PC Kentang) maka cara ini adalah cara yang paling tepat untuk golongan seperti saya dalam mendapatkan versi Windows terbaru tanpa perlu mengaktifkan fitur Windows Update, selamat mencoba!

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact