Visitor Blog turun naik apakah hal yang wajar? - ASHADIN

Friday, December 14, 2018

Visitor Blog Turun

Visitor Blog turun naik apakah hal yang wajar?

Visitor Blog turun naik apakah hal yang wajar?

Jika anda memang serius dalam dunia Blogging maka seharusnya anda memperhatikan lebih pada statistik Blog yang anda miliki saat ini, karena dari statistik Blog tersebut kita bisa tahu apakah Blog yang anda kelola sudah berhasil atau tidak, sehingga bisa menentukan langkah dan strategi selanjutnya dalam persaingan konten di halaman pencarian.

Wajarnya adalah setiap hari para webmaster selalu melakukan cek atau melihat statistik dalam beberapa kali dalam sehari, hal ini memang sangat di perlukan untuk agar performa Blog tetap dapat di monitoring, kalau sewaktu waktu terjadi masalah, seperti server down, kena hack dan lain sebagainya, maka anda akan cepat tahu dan akan cepat melakukan antisipasinya.

Lalu pertanyaan yang sering muncul adalah apakah wajar jika performa Blog itu berbeda setiap harinya, misalkan seperti ini, hari ini anda mendapatkan visitor 10.000, lalu esok 12.000 dan besoknya lagi malah 8.000?

Kalau saya sendiri menjawab fenomena tersebut dengan hal yang normal saja, karena performa Blog itu memang tidak fixed dalam jumlah kunjungan perharinya, bisa lebih banyak dan bisa lebih sedikit.

Maka hal tersebut normal adanya, karena setiap harinya pencarian volume keyword di halaman pencarian itu berbeda-beda, jadi wajar saja jika anda mendapat kunjungan yang tidak pasti angkanya.


Visitor Blog turun naik apakah hal yang wajar?


Namun, jika terlihat penurunan atau selisih hanya berapa ratus bahkan ribuan yang jika di total tidak sampai 20%, maka anda tidak perlu khwatir karena normalnya memang seperti itu, tetapi jika anda melihat penurunan lebih dari 50% maka disinilah anda harus khwatir dan panik setelahnya.

Mungkin ada terjadi sesuatu terhadap performa Blog yang anda jalankan sekarang ini, ada beberapa faktor yang mendasari hal tersebut, antara lain adalah sebagai berikut :


1. Masalah Hosting yang bisa jadi down


Berimbas kepada Blog yang tidak bisa di akses sementara, tentu saja hal ini akan membuat statistik kunjungan Blog menjadi kacau, maka dari itu pilih Hosting yang memang berkualitas dan jarang mendapat gangguan.


2. Blog anda terkena Hack


Memang hal ini sangat menakutkan, karena biasanya metode Hack berupa deface yang mana halaman Blog akan di redirect paksa ke halaman yang sudah di buat oleh para Hacker, imbasnya? bisa jadi anda akan melihat penurunan visit hingga 80% banyaknya.



3. Halaman pencari seperti Google melakukan update Algoritma


Jika anda terkena dampak negatifnya maka sudah pasti paling tidak 30% anda akan kehilangan visitor dan akan cukup sulit untuk mengembalikannya, karena akan butuh waktu yang cukup lama.



4. Anda mengganti theme atau template Blog


Bagi sebagian orang hal ini cuma omong kosong saja, tetapi bagi saya ini benar adanya, buktinya? saya sudah tuliskan dalam artikel ini Sering ganti Template Blogger visitor anjlok parah!



5. Anda mengutak atik robot.txt 


Terdengar biasa saja, tetapi efeknya bisa sangat merugikan jika salah di gunakan, misalkan saja anda tidak sengaja melakukan Block ke Google Search agar Robot Google tidak bisa merayapi Blog yang anda kelola, anda bisa bayangkan sendiri bagaimana jadinya? ya bisa jadi 98% kunjungan Blog anda hilang dari sumber organic search.


6. Anda mengganti Permalink URL


Mengganti Permalink sama saja dengan menghapus konten dari halaman pencarian jika anda tidak melakukan redirect, maka dari itu sebelum anda melakukan mengganti Permalink, sebisa mungkin alihkan dulu ke halaman yang baru, agar eksistensi artikel anda di halaman pencarian tidak hilang sia-sia.


7. Faktor hari besar


Ini sudah biasa terjadi, jika di hari raya idul fitri atau idul adha, saya yakin sekitar 20-40% visitor akan hilang, hal ini karena pada saat itu yang mengakses internet tidak sebanyak biasanya, namun tenang saja, beberapa hari setelahnya visitor Blog anda akan kembali sedia kala lagi.

Dengan demikian, harunsya anda tidak usah khwatir berlebihan jika melihat statistik Blog yang tidak stabil, karena wajarnya memang seperti itu, tetapi dalam pola persentasi yang wajar selisihnya antara 5-10% itu wajar menurut saya, karena Blog ini pun juga seperti itu setiap harinya.

Yang menjadi masalah itu jika terlihat penurunan secara drastis lebih dari 30%, ini bisa jadi indikasi Blog anda sedang mengalami masalah, seperti yang sudah saya sebutkan diatas, silahkan ambil langkah strategis untuk mengatasi hal tersebut, jika terlambat, percaya saja, anda akan menyesal seumur hidup.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact