logo

Senin, 16 Juli 2018

Sering ganti Template Blogger visitor anjlok parah!

Sering ganti Template Blogger visitor anjlok parah!

Sering ganti Template Blogger visitor anjlok parah!

Mengganti Template atau tema Blog memang sangat menyenangkan, anda bisa mendapat tampilan baru yang lebih fresh dan keren, selain itu anda juga bisa mendapat fitur baru yang mungkin akan sangat berguna untuk memudahkan visitor nantinya, tetapi mungkin ini hanya sebatas perkiraan anda saja!

Kenapa? karena jika mengganti template blog anda ketika visitor anda sudah ribuan maka hal tragis akan terjadi ke anda, kenapa saya bisa seyakin itu? karena saya sudah membuktikannya sendiri! mengganti template atau tema blog itu memang sangat berbahaya jika blog kalian sedang dalam pertumbuhan yang baik.

Sering ganti Template Blogger visitor anjlok parah!

Memang pada kenyataannya hal ini bisa membuat tampilan Blog kalian lebih keren dan kekinian, tetapi sebenarnya para visitor tidak terlalu menghiraukan hal tersebut, karena yang mereka cari itu informasi yang kalian sajikan, bukan untuk melihat template blog yang menurut anda keren, berikut adalah screenshot hasil dari pembuktian yang saya lakukan sendiri :

Sering ganti Template Blogger visitor anjlok parah!

Dapat anda lihat visitor turun dengan sangat tajam tepat di ke-esokan harinya setelah saya melakukan pergantian template, menurut beberapa sumber visitor akan turun dalam beberapa waktu saja, ternyata yang saya alami tidak seperti itu 4 bulan setelah saya mengganti template visitor blog ini tetap tidak kembali normal.

Lalu apa yang mesti saya lakukan? menurut beberapa pakar SEO coba di kembalikan lagi ke tempelate sebelumnya, ternyata setelah 2 minggu saya kembalikan ke template semula, visitor blog saya tidak kunjung membaik juga.

Selanjutnya katanya selalu update artikel, lalu saya melakukan update artikel selama 2 bulan dengan durasi minimal 1 artikel setiap hari, apa yang saya dapatkan? visitor masih tidak kembali normal, meski terlihat ada sedikit peningkatan.

Jadi, kesimpulan yang saya dapatkan dari hal ini adalah bahwa untuk kalian yang saat ini sedang mempertimbangkan untuk melakukan pergantian template di blog yang anda miliki, usahakan pikirkan lagi, jika visitor blog anda sekarang sudah ribuan maka pertimbangkan lagi, karena jika seperti yang saya alami saat ini, tentu akan sangat merugikan anda, semua metric pendapatan berada dalam zona merah semuanya.

Tetapi, jika visitor blog kalian masih dalam hitungan ratusan, maka mengganti template blog harusnya bukan menjadi masalah, karena mungkin penurunan visitor tidak akan terlalu terasa, tetapi bagi blog yang sudah berumur yang mungkin sudah menggunakan template tersebut dalam durasi waktu 1 tahun lebih, maka mengganti template akan sangat berbahaya untuk anda.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa anda ikuti, jika memang anda benar-benar sudah ingin mengganti template blog yang anda miliki saat ini :

1. Usahakan struktur html, javascript, css, meta mirip dengan template lawas kalian.
2. Usahakan jangan mengganti template lebih dari 2 kali dalam durasi waktu singkat.
3. Jika sudah di ganti ke template baru jangan lagi di kembalikan ke template lama.
4. Pastikan isi widget kurang lebih sama.
5. Jangan sering mengedit template ketika baru di pasang.

Mungkin sebelum ini anda telah mendengar bahwa visitor turun setelah mengganti template itu hanya mitos, tetapi bagi saya sendiri, hal ini bukan isapan jempol semata dan sudah saya buktikan sendiri, sangat sangat merugikan!

Terakhir, kasus ini saya alami di blog dengan engine Blogger, kalau untuk engine Wordpress sayang kurang tahu dan mungkin tidak bisa menjawabnya, tetapi berkaca dari pengalaman yang saya alami, lebih baik anda pertimbangkan lagi jika ingin mengganti template di Blogger, jika sial mungkin anda akan berakhir seperti saya.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact