Cara atasi Error Missing xinput1_3.dll di Windows 7/8/8.1/10 - ASHADIN

Sunday, December 16, 2018

Cara atasi Error Missing xinput1_3.dll di Windows 7/8/8.1/10

Cara atasi Error Missing xinput1_3.dll di Windows 7/8/8.1/10

Cara atasi Error Missing xinput1_3.dll di Windows 7/8/8.1/10

Anda seorang gamers? mungkin anda pernah mengalami hal serupa yaitu adalah munculnya pesan Error Missing Xinput1_3.dll ketika anda sedang membuka sebuah games yang ingin anda mainkan, tetapi tahukah anda bagaimana cara memperbaikinya?

Kebanyakan orang memang langsung mendownload file (.dll) tersebut secara mandiri, mungkin dari situs dll-files.com, lalu meletakan file tersebut di dalam folder games atau di dalam folder System32.

Sebenarnya cara tersebut tidak salah dan anda setelahnya langsung bisa memainkan game yang ingin anda buka tersebut, tetapi ada sebuah cara yang lebih efektif untuk mengatasi hal tersebut ketimbang anda mendownload file (.dll) yang missing tersebut secara satu per-satu.

Sebelum itu anda harus tahu dulu kenapa bisa muncul masalah Error Missing xinput1_3.dll tersebut? biasanya Error ini muncul dalam sebuah game yang memiliki kemampuan untuk bisa di mainkan dengan sebuah Joystick atau Gamepad.

Artinya file (.dll) yang hilang tersebut memang berfungsi sebagai sebuah library file yang akan berkerja dengan Joystick dan akhirnya Joystick dapat di gunakan dalam game tersebut.

Lalu jika file (.dll) tersebut hilang apa jadinya? sudah pasti anda tidak bisa memainkan game dengan Joystick dan parahnya lagi game tersebut tidak bisa dibuka, karena memang syarat untuk agar game tersebut bisa di mainkan adalah komponen library file xinput1_3.dll harus ada di PC Windows yang anda miliki.

Cara atasi Error Missing xinput1_3.dll di Windows 7/8/8.1/10


Sebenarnya masalah seperti ini sudah muncul dari versi Windows XP dan selalu saja muncul hingga sekarang, biasanya masalahnya muncul di PC Windows baru yang mungkin baru saja di Install ke PC atau Laptop yang anda miliki.

Karena file (.dll) untuk xinput1_3.dll itu terpisah dan biasanya jika anda menginstall sebuah game kebanyakannya sudah menyertakan file libs tersebut, tetapi beberapanya juga tidak menyertakannya dan anda harus memasangnya secara mandiri.

Untuk bisa mengatasi Error Missing xinput1_3.dll itu sangat mudah yang perlu anda lakukan hanyalah menginstall paket DirectX yang pada kasus ini adalah versi 9c.


Caranya adalah sebagai berikut :


1. Silahkan download resmi file DirectX 9c nya DISINI
2. Jika sudah silahkan buka aplikasi tersebut dan Extract di tempat yang mudah untuk anda temukan.


3. Selanjutnya silahkan buka tempat destinasi Extract file yang sudah anda buat tadi.


4. Terakhir, Install file DirectX 9c ke System.


5. Lakukan Reboot setelahnya.
6. Done!

Dengan demikian, seharusnya Error serupa xinput1_3.dll tidak akan muncul lagi setelahnya dan juga dengan menerapkan cara di atas anda juga sudah melakukan antisipasi terhadap masalah Error lainnya.

Karena di dalam file DirectX tersebut terdapat ratusan file library penting, jadi masuk akan rasanya cara diatas bisa untuk mengatasi masalah yang akan muncul di masa depan.

Jadi, di lihat dari cara kerjanya maka cara di atas akan lebih efisien untuk di lakukan ketimbang anda mendownload file tersebut secara mandiri, semoga beramanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact