Headphone 7.1 Surround itu apa sih? apa bedanya dengan Stereo? - ASHADIN

Saturday, November 17, 2018

Headphone 7.1 Surround

Headphone 7.1 Surround itu apa sih? apa bedanya dengan Stereo?

Headphone 7.1 Surround itu apa sih? apa bedanya dengan Stereo?

Bagi anda yang saat ini tengah ingin mencari sebuah Headphone dengan kualitas suara yang bagus, mungkin akan di bingungkan dengan hal ini yaitu adanya embel-embel angka seperti 2.1, 5.1 dan 7.1, lalu indikasi apakah sebenarnya angka-angka tersebut?

Sebelum ini saya juga tidak memperdulikan maksud dari angka-angka tersebut, yang saya tahu jika Headphone sudah Stereo maka harusnya sudah memiliki keluaran suara yang sudah bagus, sebenarnya Stereo memang sudah bagus, tetapi ada yang lebih bagus lagi dari Stereo yaitu adalah 5.1 dan 7.1 Surround.

Lalu apasih maksud dari 7.1 Surround tersebut? mudahnya seperti jika anda menganggap suara yang keluar dari Headphone Stereo itu sudah sangat baik, maka saya berani jamin bahwa keluaran suara dari Headphone dengan teknologi 7.1 Surround akan berkali-kali lebih bagus.

Karena teknologi 7.1 Surround tersebut akan membuat anda merasakan sensasi nyata seperti bermain game, karena suara akan terkesan sangat lembut, natural, detail dan juga lantang sesuai dengan kondisi yang terjadi.

Berbeda dengan Stereo yang hanya memiliki 2 keluaran suara, di Headphone 7.1 keluaran suara seakan sangat real dengan kejadian sebenarnya, seperti anda mendengar jejak kaki mendekat, di atas terdengar suara burung dan di kiri dan samping terdengar suara tetesan air, di teknologi 7.1 Surround anda akan mendengarkan semua itu secara real, tidak seperti Stereo yang pukul rata saya suaranya.

Berikut adalah perbandingan dari teknologi Stereo dan juga 7.1 Surround :


Teknologi Stereo

Teknologi 7.1 Surround Sound


Seperti yang sudah terlihat di gambar tersebut, sumber suara yang ada di teknologi 7.1 Surround Sound itu lebih banyak dan variatif, sehingga feels dalam mendengarkan suara suara yang keluar dari sebuah file atau ketika sedang bermain game akan lebih nyata.

Teknologi 7.1 Surround tersebut adalah hasil dari pengembangan teknologi sebelumnya yaitu 5.1 Surround, dengan menambahkan 2 buah speaker yang mempunyai karakteristik keluaran suara yang lebih rendah, sehingga saat ini keluaran suara di sound dengan teknologi 7.1 Surround sudah mendekati sempurna.

Sebenarnya teknologi seperti ini biasanya di temukan di Home Theater, Cinema dan lainnya, tetapi belakangan sudah di Implementasikan kedalam sebuah Headphone, maka untuk feelsnya sendiri akan kurang lebih sama saja, seperti konfigurasi real dari 7.1 Surround Sound tersebut.

Umumnya untuk penggunaannya di headphone di dukung dengan sebuah software khusus sehingga memunculkan sensasi 7.1 Surround, tetapi ada juga yang real menggunakan hardware dari teknologi 7.1 Surround Sound tersebut.

Sehingga saat ini ada 2 buah jenis dari tipe Headphone 7.1 Surround tersebut ada yang bersifat "Adaptive" dan juga ada yang bersifat "Real".

Kebetulan saya punya kedua buah Headphone ini, memang yang adaptive bisa anda temui dengan kisaran harga yang murah sekitar 300-600 ribuan, namun yang real bisa di temui di range harga 1 jutaan keatas.

Untuk kualitas suaranya sudah pasti yang Real 7.1 Surround lebih bagus, namun tidak begitu besar perbedaannya, karena yang Adaptive pun bisa membuat sensasi suara 7.1 Surround terdengar sangat nyata.

Biasanya 7.1 Surround ini sudah bisa sync dengan teknologi Dolby Atmos dan juga DTS Sound, jadi jika anda menonton film atau bermain game yang sudah di dukung salah satu fitur Dolby atau DTS, maka sudah pasti kualitas suara yang keluar sudah sangat baik dan real.

Jadi kesimpulan yang bisa di tarik dari hal ini adalah jika memang anda ingin membeli sebuah Headphone dan kebetulan Budget anda mencukup, saran saja silahkan beli yang ada embel-embel 7.1 Surround Sound, karena memang kualitas suaranya sangat baik dan terkesan sangat enak di dengarkan dengan detail-detail kecil yang begitu mengaggumkan.

Sekarang ini teknologi Headphone 7.1 Surround sudah kian menjamur, sehingga saat ini ada banyak sekali pilihan Headphone jenis ini dengan Range harga yang bermacam-macam, jadi jangan pernah ragu jika ingin membeli Headphone 7.1 Surround Sound apalagi jika itu yang sudah memiliki teknologi Real 7.1 Surround Sound.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact