Cara atasi gambar dari Whatsapp yang tidak bisa di edit menggunakan Adobe Photoshop - ASHADIN

Saturday, November 17, 2018

Cara atasi gambar dari Whatsapp yang tidak bisa di edit menggunakan Adobe Photoshop

Cara atasi gambar dari Whatsapp yang tidak bisa di edit menggunakan Adobe Photoshop

Cara atasi gambar dari Whatsapp yang tidak bisa di edit menggunakan Adobe Photoshop

Mungkin ada beberapa dari anda yang pernah mengalami hal ini yang mana masalah ini muncul karena gambar yang di unduh di whatsapp kemudian ingin di edit melalui Photoshop seperti melakukan Cropping dan lain sebagainya, namun malah gambar tersebut gagal untuk di Load di Photoshop.

Saya juga kurang mengerti kenapa hal ini bisa terjadi, apakah gara-gara format gambar yang tidak support dengan Photoshop atau hal yang lainnya, namun semua ini masih bisa untuk di akali dengan cara yang sangat mudah.

Kasus seperti ini saya alami ketika saya mengunduh gambar dari sebuah group chat kantor yang tujuannya memang untuk bahan publikasi di web daerah yang saya kelola, kebetulan saya admin utamanya.

Pada dasarnya saya selalu menggunakan gambar dari tangkapan kamera saya sendiri atau minta langsung ke bagian media yang juga ikut dalam kegiatan dokumentasi, namun kebetulan saya di kirimi gambar via chat di whatsapp.

Ketika gambar tersebut ingin saya sesuaikan dengan aplikasi Adobe Photoshop, saya menemukan sebuah Error, saya tidak tahu apakah ini juga terjadi di versi Adobe Photoshop yang lain, karena saat ini saya menggunakan versi Adobe Photoshop CS6 dengan gambar Whatsapp yang di unduh melalui Web Whatsapp atau versi desktopnya.


Setelah cukup lama berpikir dan mencari solusinya, saya mendapat pencerahan untuk kasus ini yaitu sangat mudah sekali hanya di convert saja ke ke format yang lain, biasanya file image di Whatsapp akan ber-extension (JPEG).

Berikut adalah cara yang saya lakukan :


1. Silahkan buka gambar dari Whatsapp tersebut menggunakan aplikasi Paint bawaan Windows.
2. Setelah itu tanpa melakukan edit sedikit pun langsung masuk ke menu Save As.
3. Pada tahap ini silahkan Save ke dalam Format PNG atau JPEG.


4. Langkah terakhir, silahkan buka gambar tersebut dengan menggunakan Adobe Photoshop, harusnya gambar tersebut sudah bisa di load tanpa memunculkan pesan Error lagi.


5. Silahkan lakukan editing yang anda inginkan melalui Photoshop.
6. Done!

Dengan demikian, masalah utama dari pembahasan kita sekarang sudah selesai dengan cara yang sangat mudah, anda tidak perlu menggunakan aplikasi khusus apapun untuk mengatasi masalah ini, yang di perlukan hanya sebuah tool sederhana seperti Paint.

Perlu saya ingatkan sekali lagi, masalah ini muncul ketika saya membukanya di Adobe Photoshop CS6, untuk variant Photoshop lain saya kurang tahu apalagi di jenis aplikasi yang lain, tetapi kalau sama saja memunculkan Error, maka saya pikir solusinya akan sama saja seperti yang sudah saya tuliskan di atas, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact