Senin, 10 September 2018

Wordpress atau Blogger? bagusan yang mana untuk memulai ngeblog

Wordpress atau Blogger? bagusan yang mana untuk memulai ngeblog

Wordpress atau Blogger? bagusan yang mana untuk memulai ngeblog

Pertanyaan seperti ini selalu saja muncul dan umumnya yang menanyakan hal ini pasti datang dari kalangan para Blogger pemula yang ingin memulai serius terjun dalam dunia Blogging, maka dari itu saya akan membantu anda dalam mempertimbangkan masalah ini dengan berbicara realita-nya dengan pembahasan yang jelas.

Jadi bagusan mana Wordpress atau Blogger untuk memulai bisnis Blog? jawaban saya sama seperti jawaban pada umumnya Tergantung! tapi tunggu saja sama punya alasan masing-masing dari hal ini, karena saya sudah mencoba kedua engine di atas dan keduanya sama-sama menghasilkan dengan hasil yang juga berimbang.

Wordpress atau Blogger? bagusan yang mana untuk memulai ngeblog


Sebelum itu saya akan memberitahukan fakta dari kedua Engine tersebut dulu, selanjutnya saya pastikan anda bisa menjatuhkan pertimbangan pilihan anda kemana, berikut adalah hal yang saya tahu dari kedua engine di atas dari sudut pandang saya pribadi.

Wordpress

Menjadi engine Blogging yang paling populer saat ini, banyak Blog atau situs besar dari seluruh dunia yang menggunakan Engine satu ini, hal ini bukan tanpa alasan, karena melakukan Optimasi dengan menggunakan Wordpress memang sangat mudah dan hal ini terjadi berkat ribuan Plugin yang bisa anda pasangkan secara gratis maupun berbayar.

Fungsi Plugin itu sendiri? bermacam-macam, bisa itu untuk SEO, Aksesibilitas hingga hal teknis lainnya, hanya saja jika anda menggunakan Wordpress yang Self Host Edition tentunya, bukan yang Wordpress gratisan, maka anda di haruskan mengeluarkan sedikit biaya paling tidak untuk membayar sewa hosting dan juga domain.

Blogger

Populer bagi para pemula, karena navigasinya sangat mudah dan ini adalah kepunyaannya Google, jadi untuk masalah teknis berupa Hosting anda tidak perlu memikirkannya lagi, karena sudah di hosting gratis oleh Google, anda mungkin akan keluar dana sedikit saja untuk menyewa Domain (bagi yang ingin custom domain) dengan hanya mengeluarkan biaya ratusan ribu saja setahun.

Kekurangan Blogger ini sudah pasti tidak ada Plugin seperti Wordpress dan segala sesuatunya mesti anda lakukan secara manual, tetapi keunggulannya dari Wordpress adalah Blogger selalu stabil dan tidak mudah di bobol hacker, karena memang keamanan dan stabilasi server sudah di jamin oleh Google itu sendiri.

# Dari Mata Mesin Pencari (Search Engine)

Dari kedua engine di atas yang mana yang paling di unggulkan di Search Engine? jawabannya tidak ada keduanya, karena sifat Search Engine itu adil, murni dari Kueri bukan datang dari dia pakai engine apa!

Jadi sangat jelas, meski Blogger kepunyaan Google, tetap saja engine ini tidak memiliki keistimewaan sendiri di mata mesin pencari! yang di lihat mesin pencari itu kualitas Blog dan kualitas Konten Blog, bukan enginennya, jadi jangan pernah berpikir "Jika menggunakan Wordpress maka akan mudah peringkat 1" ataupun sebaliknya, itu semua salah!

Meski demikian untuk orang awam dan yang ingin instan, wordpress memang menjadi pilihan terbaik untuk melakukan optimasi SEO, tetapi jangan remehkan Blogger! juga bisa di Optimasi tetapi ya itu, caranya manual, namun hasilnya saya pikir juga akan berimbang dalam level maksimalnya, jangan lupakah "Content is King" itulah yang akan membuat Blog anda populer bukan dari Enginennya.

# Dari Penggunaannya Dashboard

Disini pastinya Blogger di untungkan karena navigasi dalam Dashboardnya mudah, seperti membuat Post, Page, menambah element widget bahkan mengganti Template itu sangat mudah di lakukan.

Wordpress sendiri? memang kelihatannya cukup rumit tetapi berbeda jauh dengan Blogger, Wordpress itu sangat lengkap! dan serba otomtas, bayangkan saja anda bisa melakukan modifikasi di tingkat Server, Hosting hingga Domain dengan hanya bermodalkan akun cPanel dan hal ini tidak bisa anda temukan di Blogger.

# Dari Segi Biaya

Jelas dari segi biaya Blogger lebih ramah di kantong, karena anda hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar ratutasn ribu saja untuk bisa menyewa Domain hingga membeli sebuah Template Premium, berbanding terbalik dengan Wordpress.

Karena anda di haruskan menyewa Hosting dan Domain yang mana jika spesifikasi bagus dan cepat maka biaya tahuannnya bisa mencapai jutaan, juga untuk harga Template Premiumnya memang bisa 3-5 kali lipat dari harga Template Blogger, tetapi selalu ingat! ada harga ada kualitas! jangan anggap Wordpress mahal tetapi hasilnya kurang lebih Blogger.

Saya hanya bicara realita saja, Template Premium Wordpress itu berbeda level dengan Template Premium Blogger, jadi seperti yang yang bilang Wordpress itu rajanya optimasi fitur keren, tetapi ya itu biayanya tidak semurah Blogger.

# Sudut Pandang Saya

Jika di suruh memilih, saya pribadi akan memilih Blogger, kenapa demikian? saya akan berbicara jujur saja, saya mempertimbangkan biaya operasionalnya, karena seperti yang saya bilang di atas untuk menjalankan Blogger dengan status profesional anda hanya membutuhkan biaya kurang lebih 100 ribuan untuk domain TLD tiap tahun, dan Template Premium yang hanya berharga kurang lebih 100-200 ribuan saja dalam pembelian satu kali seumur hidup.

Hanya saja jika memang anda ingin serius menggunakan Blogger, maka anda di haruskan belajar dalam dunia HTML, Javascript dan CSS, karena jika anda ingin membuat Blog anda tampak unik dan keren dengan menggunakan Engine Blogger, maka satu-satunya cara ialah hanya dengan membuatnya atau memodifikasinya secara sendiri, untuk hasilnya? tidak kalah kok dari Wordpress.

# Wordpress Menurut Saya

Sebenarnya jika saya orang yang memang memiliki integritas tinggi dalam dunia Blogging secara profesional maka piliha saya pasti jatuh ke Wordpress, karena seperti yang saya sebutkan di atas, Wordpress itu serba otomatis dan sangat cocok di gunakan ranah bisnis yang di jalankan oleh banyak orang, karena melakukan managementnya sangat mudah dengan menggunakan Wordpress tersebut, faktanya hal ini tidak ada di Blogger.

Biaya mahal Wordpress itu tidak akan ada apa-apanya jika anda memang berniat ingin benar-benar serius di dunia Blogging/Online dengan melibatkan Tim operasional di dalamnya, hal ini sudah menjadi bukti kenapa Wordpress menjadi Engine paling populer di dunia, karena ya itu management mudah dan juga mudah di gunakan pada skala bisnis sebesar apapun.

# Hasil Income

Sama saja Wordpress atau Blogger itu sama saja, jika Visitor banyak pendapatan juga akan meningkat, intinya pendapatan tidak ada hubungannya dengan Engine yang di gunakan, hanya saja jika skala bisnisnya sudah berbeda, seperti Engine Wordpress yang di jalankan oleh Perusahaan dan Blogger yang di jalankan Perorangan, sudah jelas hasilnya akan lebih banyak Wordpress, karena di jalankan banyak kepala.

Untuk penggunaan perorangan, hasil akhir pendapatannya sama saja, tidak ada yang di istimewakan dari hal tersebut.

# Untuk Pemula

Kalau saya bisa memberikan saran, maka coba saja kedua Engine tersebut, karena kedua Engine ini memang berbeda, jika saya di haruskan memilih salah satu, maka saya akan pilih Blogger karena memang saya niatnya ingin menjalankan aktifitas Blogging secara personal dan saya juga mengerti apa itu HTML5, CSS dan Javascript, lalu biayanya murah, maka kenapa tidak?

Tetapi jika anda memang ingin sesuatu yang profesional di banding Blogger dari fitur hingga optimasinya, Wordpress memang pilihan paling tepat, karena sudah tidak perlu di ragukan lagi terkait hal ini.

Jadi, tinggal anda sendiri yang memutuskan mau pakai yang mana? keduanya sama-sama berpotensi mendatangkan keuntungan, hanya saja wordpress lebih unggul jika berkaitan dengan bisnis dalam skala besar dari aspek managemennya.

Memang tidak akan ada habisnya jika kita membicarakan perbandingan dari kedua Engine diatas, karena sampai kapanpun kedua Engine ini pasti akan selalu menjadi pertanyaan.

Harusnya dengan anda telah membaca artikel ini sampai selesai, maka harusnya anda sudah bisa membuat keputusan bukan? inti dari semuanya adalah anda cukup harus "Konsisten" saja, maka tidak peduli Wordpress atau Blogger, keduanya akan sama-sama menghasilkan.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact