Senin, 17 September 2018

Maksud dari Invalid Traffic dan Invalid Activity pada Google Adsense dan cara menghindarinya

Maksud dari Invalid Traffic dan Invalid Activity pada Google Adsense dan cara menghindarinya

Maksud dari Invalid Traffic dan Invalid Activity pada Google Adsense dan cara menghindarinya

Bagi seorang Publisher Adsense sedit banyaknya pasti mengetahui terkait masalah pelanggaran yang satu ini, umumnya kasus seperti ini akan muncul dalam suatu email yang di kirimkan oleh pihak Google Adsense ke anda dengan motif pemutusan kemitraan.

Tentu saja hal ini menjadi momok yang menakutkan bagi semua Publisher Adsense, sejauh ini bentuk pelanggaran yang sering terjadi ialah pada kasus Invalid Traffic dan Invalid Activity, kedua jenis pelanggaran ini katanya menjadi pelanggaran yang paling sering di langgar oleh para Publisher Adsense.

Meski demikian, dalam email yang di kirimkan pihak Google tersebut tidak menggambarkan secara jelas letak masalahnya dan mereka hanya menyebutkan secara umum saja bentuk pelanggaran yang terjadi pada akun Adsense yang bersangkutan.

Maka dari itu dalam artikel kali ini saya akan merumuskan apasih itu jenis pelanggaran Invalid Traffic dan Invalid Activity dan mungkin saya bisa membantu anda dengan pengalaman saya untuk bisa menghindari kedua masalah tersebut agar tidak menimpa anda semua di masa depan.

Baiklah, pada pembahasan pertama ini kita akan gambarkan secara umum, jelas dan padat terkait kedua masalah tersebut.

Seperti yang anda ketahui jenis pelanggaran ini memang cukup mirip dari penamaan yang sama-sama Invalid yang kalau kita artikan mungkin bisa dengan "sesuatu yang salah, tidak lazim atau tidak semestinya" jadi inti dari pelanggaran ini adalah bahwa anda telah melakukan kesalahan tetapi dalam lingkup yang berbeda.

Maksud dari Invalid Traffic dan Invalid Activity pada Google Adsense dan cara menghindarinya


Misalkan Invalid Traffic berarti ada masalah pada lalu lintas Blog anda, sehingga Google mengindikasikan muncul sebuah kecurangan dari hal ini.

Selanjutnya Invalid Activity berarti ada kesalahan yang fatal dan mungkin Google menganggap anda tidak mematuhi kebijakan Program yang telah mereka buat, apakah hanya sesimple itu? nyatanya memang demikian, tetapi ada penjelasan lebih dalam terkait hal ini.

# Invalid Traffic

Seperti yang saya sebutkan di atas masalah ini mengacu kepada lalu lintas traffic di Blog anda, apakah itu traffic yang bersifat natural atau bersifat "MENCURANGI", karena jika anda menampilkan iklan Adsense maka anda harus mengikuti aturan mainnya.

Caranya adalah anda harus memastikan tampilnya iklan dari Adsense di Blog anda itu murni dari Manusia, karena Advertiser itu membayar agar Iklannya di lihat atau di kunjungi oleh Manusia bukan Robot.

Itulah mengapa banyaknya kasus pemutusan kemitraan dari Google itu datang dari masalah ini, karena para Publisher bisa jadi ingin meningkatkan Pageview atau jumlah kunjungan dengan cara yang tidak sehat, misalkan dengan menggunakan Bot atau ikut dalam program paid traffic, di mata Google hal ini sama saja seperti mencurangi mereka.

Selanjutnya, masalah Invalid Traffic ini bisa juga datang dari ketimpangan metrix Traffic atau lalu lintas traffic di Blog yang anda kelola, seperti Traffic Direct lebih banyak dari Traffic Organic, secara logika saja, saya pun akan curiga jika melihat yang seperti ini, karena seperti ada sesuatu yang di paksakan dan tidak berjalan dengan semestinya.

Karena anda harus tahu bahwa Google itu membenci Blog yang di buat hanya untuk menghasilkan uang dari Adsense, tetapi kualitas kontennya sangat buruk, biasa terjadi pada blog viral amatir dengan mengandalkan FB Ads sebagai alat pencari traffic via Sosial Media.

Jadi, jangan heran jika anda mendapat pelanggaran jika melakukan praktik tidak sehat seperti itu, maka dari itu buatlah konten yang benar-benar berkualitas dan datangkan traffic melalui Search Engine (Organic), kalau bisa buat Traffic Direct (non-search engine) itu maksimal hanya 20% nya saja dari total traffic harian, maka anda tidak perlu khwatir akan mendapat pelanggaran dari Invalid Traffic tersebut.

Jadi kesimpulannya adalah bagaimana sih cara menghindari pelanggaran Invalid Traffic tersebut, berikut adalah jawaban saya :

1. Traffic Direct jangan lebih banyak dari Traffic Organic.
2. Jangan pernah bermain-main dengan Bot untuk meningkatkan Traffic.
3. Kalau mau ikut program Paid Traffic silahkan, asalkan di tempat yang sudah pasti aman seperti beriklan di Google Adword (Google Ads sekarang)
4. Selalu kontrol datangnya traffic dari mana, pastikan traffic tidak datang dari situs "TERLARANG" anda pasti tahu maksud dari point ini.

# Invalid Activity

Dari namanya saja sudah jelas, bahwa bentuk pelanggaran ini pastinya datang dari sesuatu yang semestinya tidak anda lakukan, tetapi secara sengaja atau tidak sengaja telah anda lakukan.

Umumnya masalah ini berkaitan erat dengan Iklan dan Klik Iklan yang terjadi di Blog yang anda kelola, masalah paling umumnya adalah di akibatkan peletakan Iklan yang terkesan memaksa untuk di Klik.

Tetapi perlu anda ketahui, maksud memaksa ini adalah seperti iklan yang menghalangi navigasi dan harus di Klik terlebih dahulu baru bisa melakukan Navigasi lagi, berbeda dengan penempatan iklan yang strattegis meski terlihat mengganggu tetapi tidak menghalangi navigasi dan user experience dari visitor, sepengetahuan saya ini bukan pelanggaran, tetapi lebih kepada strategi pintar yang di perbolehkan.

Lalu jenis Invalid Activity seperti apa yang di larang, sudah past semua kegiatan yang memaksakan klik iklan atau kegiatan yang bisa menimbulkan effect ketidak wajaran terhadap nilai Klik Iklan yang bisa menjadi sangat tinggi, umumnya kasus seperti ini biasa di temui pada Blog yang memang hanya fokus ke Keyword mahal saja, tetapi tidak memperhatikan kualitas konten secara keseluruhan.

Lebih dalam lagi, bahwa penggunaan Script khusus yang bisa membuat Klik Iklan lebih banyak itu pastinya merupakan sesuatu yang lebih salah lagi, karena cara manipulasi ini sangat mudah di lakukan dengan menggunakan teknik CSS maupun JAVASCRIPT, seperti menyembunyikan iklan Adsense di element tertentu, lalu jika visitor melakukan klik, maka secara tidak sengaja Iklan Adsense juga ikut ter-Klik.

Intinya adalah jenis pelanggaran ini sebenarnya bisa anda berlaku secara sadar dan sengaja, maupun di lakukan secara tidak sengaja karena minimnya soal informasi kebijakan yang bisa anda pahami, lalu bagaimana cara menghindarinya?

Maka inilah jawaban saya :

1. Baca dengan jelas Kebijkan Google Adsense
2. Sebisa mungkin bermain jujur dan bersih

Hanya itu? iya, hanya itu! karena anda sendiri yang harusnya lebih tahu terkait masalah yang ada di Blog anda, apakah penempatan iklan telah benar dan tidak menyalahi aturan, lalu apakah anda menggunakan script yang mempunyai sifat  "MENCURANGI" atau anda pernah berniat atau sudah melakukan Klik Iklan sendiri, itu hanya anda yang tahu bukan saya, jadi anda yang harus melakukan pengendalian resiko.

Karena mau bagaimanapun isi kebijakan Adsense itu jelas dan transparan, jadi pahami dengan benar apa maksudnya dan seperti apa gambarannya, lalu selanjutnya tinggal anda pikirkan saja lagi bagaimana cara meningkatkan pendapatan kalian tanpa melanggar kebijakan Adsense satupun, setiap Blogger punya cara masing-masing untuk melakukan optimasi tersebut, intinya adalah perbanyak experiment.

Jadi, apakah anda sudah mengerti maksud dari Invalid Traffic dan Invalid Activity tersebut? harusnya sih sudah mengerti, karena sudah saya jelaskan secara panjang lebar, lalu terakhir jangan anggap saya lebih pintar dari anda, karena saya pun terkadang melakukan kesalahan, tetapi kesalahan tersebut cepat saya perbaiki sebelum ketahuan Google.

Maka dari itu lebih banyak gunakan otak anda dalam merancang strategi, jangan terang-terangan melanggar kebijakan Adsense dengan lantangnya, hal seperti ini sama saja seperti anda menantang Google secara langsung, cerdas lah sedikit dalam bertindak!

Selanjutnya, jika akun anda kena Suspend/Banned tetapi anda sadar betul bahwa anda tidak melakukan kesalahan apapun dan sudah anda buktikan sendiri dengan melakukan cek ke Blog bersangkutan dan telah membaca dan memahami isi dari kebijakan Adsense.

Maka segera lakukan Appeal atau Permohonan Banding, karena banyak juga kasus di mana ada kesalahan yang di jatuhkan, tetapi masalah tersebut tidak benar-benar terjadi, lalu segera upayakan banding, jika beruntung akun anda akan di pulihkan plus reward sebagai permintaan maaf dari pihak Google.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact