Sabtu, 15 September 2018

Inilah yang terjadi ketika saya menghapus 1200 lebih jumlah Post Blog!

Inilah yang terjadi ketika saya menghapus 1200 lebih jumlah Post Blog!

Inilah yang terjadi ketika saya menghapus 1200 lebih jumlah Post Blog!

Bagi seorang Blogger menentukan keputasan dengan berdasarkan strategi yang baik itu adalah sebuah keharusan, karena dalam suatu waktu anda memang akan di hadapkan dalam kondisi seperti ini, lalu kabar tidak menyenangkannya adalah saya yang kali ini mendapat musibah seperti ini, lalu bagaimana sih kronologisnya?

Semua ini bermula ketika Google melakukan Update besar-besaran pada Broad Core yang terjadi terhitung dari tanggal 31 July, pada waktu ini ada satu buah Blog andalan saya yang memiliki jumlah Visit puluhan ribu perhari terkena dampak negatif dari hal ini, jumlah Visitor Organic turun drastis dengan ratio persentasi 40% hingga titik terendahnya berada di penurunan 60%.

Bagi saya itu adalah sebuah penurunan yang sangat signifikan, mengapa tidak? semua metrix Blog yang saya kelola berada pada status merah semuan, imbasnya pendapatan saya pun juga ikut berkurang bahkan yang tadinya 2 digit setiap bulan kini hanya menjadi 1 digit dan bahkan tidak sampai setengahnya, tentu saja hal ini sangat menyedihkan.

Setelah mencari berbagai informasi melalui media lokal dan inter-lokal saya menemui fakta menarik, bahwa sebenarnya tidak ada yang perlu di perbaiki pada Update yang telah terjadi beberapa bulan lalu, tetapi Update pada waktu itu banyak di asumsikan para Blogger Profesional dengan mewakilkan apa yang di sebut "Kualitas Relevansi".

Setelah saya coba berpikir cukup lama terkait apa yang di maksud itu, maka saya mendapat titik terang yaitu adalah masalah utamanya datang dari Posting yang tidak Relevant atau memiliki kualitas yang rendah!

Inilah yang terjadi ketika saya menghapus 1200 lebih jumlah Post Blog!


Setelah mencoba melihat konten mana saja yang bermasalah, saya mendapati sekitar 1.294 artikel yang saya anggap tidak mempunyai kualitas dan ini semua adalah artikel dengan jenis Berita (News), sebelumnya perlu anda ketahui saya menjalankan Blog Tekno dengan topik News pada awalnya, jadi jangan heran jika jumlah Artikel saya ada ribuan.

Selanjutnya disinilah keputusan yang sangat sulit menurut saya, apakah saya harus menghapus semua artikel Post tersebut? setelah mencari tahu kesana kemari, saya mendapati sesuatu yang pasti akan terjadi yaitu akan munculnya Error Page 404 secara Massive yang tentu saja akan memperburuk keadaan.

Tetapi, perlu di garis bawahi bahwa jika pengerjaannya benar maka anda akan mendapatkan dampak positif dari hal ini, berbekal nekat sama melakukan penghapusan artikel tersebut dengan prosedur yang benar, jika anda tidak tahu cara menghapus artikel Psot Blogger yang benar seperti apa, saya sudah buatkan pada artikel ini Cara menghapus Post Blogger dengan prosedur yang benar.

Mungkin anda masih belum begitu percaya dengan cerita saya, maka akan saya buktikan dengan jumalah Redirect Post di Blogger yang saya buat dan ini juga merupakan sebuah Prosedur wajib jika anda ingin menghapus konten Blog anda dengan benar.


Sudah percaya bukan? jika tidak percaya juga tidak masalah, saya akan tetap lanjut bercerita.

Setalah beberapa hari saya melakukan penghapusan dengan prosedur yang benar, saya membuka Webmaster Google dan apa yang terjadi? saya melihat ada 1.000 lebih status Error Page 404 dan bahkan saya di Email oleh Google bahwa di konten saya muncul Error Page 404 secara Massive.


Apakah saya panik? tentu tidak karena semua ini tidak akan berlangsung lama, saya coba Fix dengan menggunakan tombol "Mark As Fixed" dan menunggu beberapa hari lagi dan setelah saya membuka halaman Webmaster Google di hari ke 6 setelahnya, saya telah melihat penurunan jumlah Error Page 404 yang sangat signifikan.

Jadi, hal pertama yang membuat saya senang adalah pada kasus saya ini penghapusan 1.000 lebih artikel tidak menimbulkan Negative Effect berupa Bad Experience, karena pada prosedurnya menggunakan Redirect Permanent ke Homepage, jadi yang muncul kalau tidak salah itu Redirect 301 bukan 404, jadi apakah saya berhasil?

Masih belum, disinilah saat mendebarkan itu terjadi, setelah sekitar 10 hari melakukan penghapusan banyak artikel tersebut, saya memberanikan diri untuk melihat statistik jumlah kunjungan di Google Analytics.

Betapa senangnya saya ketika melihat kenaikan jumlah Visit meski tidak banyak, tetapi secara kesimpulan keputusan yang saya lakukan adalah benar, menghapus artikel Post sebanyak 1.294 Artikel membuahkan hal yang manis, anda bisa lihat kenaikan statistik ini :


Jadi, apa yang saya khwatirkan beberapa waktu lalu itu ternyata tidak terjadi, karena secara logika saja menghapus 1.200 lebih artikel Post itu sama saja seperti menghapus sebuah keberadaan dari Blog itu sendiri, tetapi setelah saya lakukan denga prosedur yang benar, maka hasil postif yang saya dapati.

Dengan melakukan tindakan ini saya telah menghapus 60% dari jumlah Posting yang saya miliki dan hanya menyisakan artikel yang paling baik dengan tingkat kualitas yang terbaik saja yang tidak saya hapus.

Lalu jika anda bertanya, bagaimana dengan kondisi Traffic Blog saya sekarang ini apakah terus meningkat atau tidak? maka screenshot ini akan menjadi jawabannya :


Ya, visitor Blog saya meningkat 20% dari sebelum terkena Update Algoritma dan saya pikir akan terus meningkat lagi seiring berjalannya waktu.

Dari kasus ini saya sudah membuktikan sendiri bahwa Blog dengan konten yang hampir semuanya berkualitas akan mendapatkan Ranking yang tinggi di Google Search, berkebalikan dengan Blog yang mempunyai banyak artikel dengan kualitas rendah, maka bisa jadi jumlah Visitnya akan menurun seiring berjalannnya waktu.

Jika anda memiliki kasus yang kira-kira sama seperti saya, maka cara yang saya lakukan di atas bisa untuk anda tiru, tetapi saya tidak menjamin, karena hasil akhir setiap Blog itu berbeda-beda dan yang mengetahui perbedaan itu hanyalah anda bukan saya.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact