Senin, 10 September 2018

Faktor-faktor yang bisa membuat konten kamu berada di posisi 1 Google Search

Faktor-faktor yang bisa membuat konten kamu berada di posisi 1 Google Search

Faktor-faktor yang bisa membuat konten kamu berada di posisi 1 Google Search

Menjadi yang teratas dalam sebuah Kueri pencarian memang menjadi hal yang sangat di idam-idamkan oleh para pemain Blogger di seluruh dunia, tetapi pada faktanya untuk mencapai ke posisi teratas tersebut memang tidak mudah, dalam artian konten yang anda buat itu memang harus memiliki standard yang telah di tentukan oleh Google itu sendiri.

Tetapi, tahukah anda bahwa apa saja sih faktor-faktor yang menjadi syarat agar konten yang anda buat masuk kehalaman depan dan bertengger di posisi 1? banyak dari anda pasti sudah mengetahui beberapa dari Faktor yang saya sebutkan di bawah ini.

Faktor-faktor yang bisa membuat konten kamu berada di posisi 1 Google Search


Untuk referensi artikel kali ini murni saya dapatkan dari pengalaman saya dalam menggeluti dunia Blogging ini dari tahun 2014 silam hingga sekarang, meski memang ada beberapa perubahan misalkan dari segi SEO yang berkaitan dengan Backlink dan Social Bookmark, tetapi hingga sekarang keseluruhan pola untuk bisa mencapai peringkat 1 Google Search masih tetap sama saja.

Jadikan hal ini pembelajaran untuk anda, karena saya disini hanya akan menyebutkan dengan sedikit penjelasan saja, untuk bagaimana caranya (Action) mungkin anda harus mencari tahu sendiri solusinya, baiklah berikut adalah faktor-faktor yang bisa membuat konten anda berada dalam peringkat 1 Google Search :

1. Konten Artikel

Ini sudah sangat jelas, konten artikel yang lengkap, jelas, pemaparan jawaban memuaskan dan relevant itu pasti berada di urutan paling atas, maka tidak salah jika banyak Blogger yang menyebutkan bahwa "Content is the King".

Maka dari itu, sebisa mungkin dalam menulis sebuah artikel itu anda pikirkan terlebih dahulu, buat sebaik dan se-unik mungkin, karena jika sama-sama saja seperti yang lain, maka sudah pasti akan sulit naik ke posisi 1.

Selain itu juga dan ini juga pengingat untuk anda, bahwa jangan hanya selalu berpaku untuk membuat konten yang berkualitas, tetapi masalah teknis seperti SEO, Theme, Hosting dan Domain juga harus anda perhatikan kualitasnya, karena coba kalian lihat sendiri di luar sana banyak sekali konten yang mungkin lebih baik dari yang ada di posisi pertama, lalu kenapa bisa kalah?

Karena yang berada di urutan pertama tersebut ialah konten yang memang terhitung berkualitas, memiliki impelementasi SEO yang baik, Themes/Template rapi, dan tentu saja dari segi teknis soal Hosting dan Domain tidak memiliki masalah seperti sering putus-putus bahkan dalam beberapa waktu tidak bisa di akses, karena terkendala dengan yang namanya kualitas!

2. SEO

Memang benar SEO (Search Engine Optimization) juga berkaitan erat agar konten yang anda buat bisa naik ke pringkat 1, tetapi hal ini juga harus sebanding dengan kualitas artikel, sehingga tidak salah rasanya jika saya mengingatkan anda bahwa buat artikel yang bagus dulu, baru memikirkan SEO-nya.

Karena jika artikel yang anda buat sudah bagus dan unik, maka yang di sebut SEO ini bisa membuat posisi artikel yang anda buat meroket rankingnya di Google Search, lalu implementasi SEO seperti apa yang paling baik?

Tentu saja jawabannya adalah Backlink! apakah susah untuk di lakukan? menurut saya tidak sama sekali yang perlu anda lakukan ialah memastikan konten anda berkualitas, memiliki jawaban atas suatu permasalahan yang jelas dan terbukti, maka untuk bisa mendapatkan backlink cukup mudah, cukup dengan melakukan share via Media Sosial dan juga Forum maka anda bisa akan melihat dampak positifnya dalam beberapa waktu kedepan.

Perlu anda ingat! jangan sembarangan melakukan Share di Forum atau Grup Media sosial apalagi secara Massive itu tidak akan baik, caranya adalah cari sebuah Forum atau Grup di Media Sosial yang memang relevant dengan isi konten yang anda buat.

Maka harusnya konten yang telah anda share tersebut bisa naik popularitasnya jika memang konten anda berkualitas, karena dengan kegiatan ini Blog anda akan memperoleh Backlink secara otomatis dari banyak Blog, kenapa demikian? karena para Blogger biasanya mencari bahan tulisan di Forum atau Media Sosial, jika memang konten anda baik dan berkualitas, pasti banyak yang akan mereferensikan ke situs terkait yaitu milik anda.

Selain itu, konten yang anda buat akan memiliki Share Counter yang tinggi, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa konten yang anda buat akan memiliki jumlah visitor yang banyak.

Hebatnya lagi, jika satu konten artikel anda sudah naik daun dengan sistem SEO yang bagus, seperti yang saya jelaskan di atas, maka hal ini akan sangat berdampak positif untuk Blog anda, karena semua aspek lainnya juga akan naik peringkat di Google Search, itulah mengapa SEO itu penting dan menjadi istimewa jika di sandingkan dengan konten yang berkualitas dan jaminannya adalah posisi nomor 1 dengan jangka waktu lama tidak terkalahkan dan tentu saja ribuan visitor sebagai hadiahnya.

3. Kecepatan Blog

Faktor selanjutnya adalah anda harus membuat Blog anda secepat mungkin, karena persaingan perebutan posisi 1 saat ini adalah kecepatan load Blog menjadi salah satu faktornya, anda bisa melihat sendiri posisi pertama di kueri tertentu di Google Search itu pasti Blog dengan kecepatan load yang sangat cepat.

Untuk itu anda bisa melakukan optimasi kepada Template Blog yang anda gunakan saat ini agar bisa memiliki load yang cepat, seperti melakukan optimasi dengan menggunakan Script Lazy Load, memperbaiki Render Blocking Above the Fold dan memperbaiki kualitas Server Hosting dan domain (Khusus pengguna selain Blogger Engine).

Sebenarnya ada banyak cara agar Blog anda bisa kian cepat, salah satunya bisa dengan bantuan Google Page Speed Insight atau bisa pula dengan menggunakan tool Audit di Google Chrome untuk bisa melihat kecepatan Blog dan apasaja yang perlu di Optimasi.

Lalu saran saya, jangan pernah remehkan point ke-3 ini karena ini juga termasuk kedalam faktor penentu agar konten anda bisa masuk ke Page-one.

4. Aksesibilitas 

Jika berbicara terkait Aksesibilitas berarti kita berbicara terkait Navigasi di Blog, ya benar! ini juga salah satu Faktor penting dan bahkan sangat penting!

Karena akan sia-sia saja konten bagus, SEO bagus, Template keren dan cepat, tetapi aksesibilitas jelek, artinya visitor tidak akan mudah bernavigasi di Blog yang anda buat, bisa itu karena terhalang Iklan/Widget yang banyak, Navigasi ke artikel lainnya tidak di sediakan, tombol search juga di tiadakan, optimasi ke artikel rekomendasi juga tidak ada, maka sudah pasti visitor akan keluar dari Blog anda jika sudah selesai membaca artikel terkait.

Maka dari itu Aksesibilitas ini menjadi sangat penting, karena kaitan eratnya adalah bagian vital penentu ranking Blog seperti Bounce Rate dan Duration Time, lalu faktanya adalah setiap konten blog yang merajai posisi nomor 1 di Google Search pasti memiliki Duration Time yang tinggi, misalkan rata-ratanya 3-4 menit keatas dan di tunjang Bounce Rate yang standard - rendah di kisaran 50-60% maka sudah pasti posisi "Number One" tidak akan tergoyahkan.

Menurut saya pribadi, ke-4 hal di atas harus menjadi acuan atau pedoman anda, jika ingin masuk ke posisi nomor satu, karena selama jam terbang yang telah saya jalani, ke-4 hal di atas selalu membuahkan hasil yang terbaik.

Lalu dari ke-4 hal di atas mana yang harus anda fokuskan, maka saya akan menjawab seperti ini :

Konten Artikel -50%
SEO - 30%
Teknis - 20%

Sangat jelas bukan? iya semuanya di mulai dengan konten yang bagus dulu, lalu melakukan implementasi SEO, selanjutnya memperbaiki hal teknis lainnya, seperti kecepatan blog, aksesibilitas dan lainnya.

Jika anda bisa memegang acuan ini, maka saya berani jamin artikel atau konten yang anda buat bisa bersaing ketat dalam perebutan posisi kueri tertentu di "Page One for became a Number One", semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda semua.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact