Sabtu, 15 September 2018

Artikel Posting yang baik itu adalah yang panjang, benar atau salah?

Artikel Posting yang baik itu adalah yang panjang, benar atau salah?

Artikel Posting yang baik itu adalah yang panjang, benar atau salah?

Hal seperti ini memang selalu menghantui isi kepala dari para Blogger pemula, karena persepsi mereka bisa saja salah, karena menganggap artikel yang baik dan berkualitas itu adalah yang panjang dengan komposisi ratusan kata, benar atau tidak?

Saya tidak bisa menjawab terkait hal ini benar atau salah secara pastinya, tetapi saya punya pendapat tersendiri dalam melihat kasus seperti ini.

Sebenarnya siapa sih orang pertama yang menyebutkan bahwa artikel panjang lebih baik dari artikel pendek tersebut? jelas untuk hal ini saya tidak bisa menjawabnya, tetapi kebnayakan dari Blogger profesional mengatakan bahwa "kalau bisa membuat artikel post itu yang panjang minimal 300 kata", mungkin perkataan ini sudah sering anda dengan sebelumnya.

Jadi jika anda di posisi dengan status sebagai Blogger pemula, pasti berpikiran bahwa "Saya harus membuat artikel panjang dengan 300 kata minimal setiap kali membuat Post" saya yakin tidak sedikit dari anda semua yang berpikiran seperti ini.

Lalu apakah salah? tidak sebenarnya karena pada faktanya artikel panjang dengan minimal 300 kata itu memang lebih baik dari artikel dengan jumlah 200 kata, jadi di mana letak salahnya?

Letak salahnya itu terdapat pada pemahaman terkait penerjemahan maksud dari artikel panjang dan pendek tersebut, ya hanya itu!.

Artikel Posting yang baik itu adalah yang panjang, benar atau salah?


Secara logika artikel yang panjang itu memang memiliki isi yang lebih lengkap dari pada artikel dengan komposisi kata yang lebih sedikit, tetapi ini hanya berlaku jika artikel panjang tersebut memang di buat dengan baik dan lengkap.

Karena, seperti yang sudah saya sering bilang Search Engine seperti Google itu tidak memeringkatkan Ranking artikel di halaman pencarian berdasarkan panjang dari artikel yang anda buat, tetapi lebih complex dari hal itu yang berkaitan dengan "RELEVANSI".

Mau itu artikel Posting anda panjang atau pendek jika itu Relevant dan di nilai Google baik, maka harusnya artikel yang anda buat akan muncul di posisi paling tinggi, jadi masalah utamanya adalah bukan dari panjang atau pendeknya artikel yang anda buat, tetapi berkaitan dengan kualitas dari artikel tersebut.

Apakah sudah mewakili jawaban terhadap beberapa Kueri pencarian yang di tuju, lalu lebih jauh lagi, apakah isi konten yang anda buat dapat di pertanggung jawabkan, apakah tulisan anda terpercaya dari bukti dan opini yang telah anda buat, menurut saya itulah penilaiannya bukan dari panjang dan pendek artikel tersebut.

Memang jika anda membuat artikel panjang yang memenuhi syarat artikel baik dan berkualitas itu tentu saja lebih bagus, tetapi saya berbicara realita saja, hal itu memang sulit untuk di lakukan, karena keterbatasan bahan dan ide.

Jadi yang sebenarnya yang mana sih yang lebih baik? Jika anda bertanya hal ini ke semua Blogger maka jawabannya pasti akan relatif dan saya juga memiliki jawaban tersendiri dari hal ini, karena jika berbicara terkait jawaban dari pertanyaan tersebut, maka jawaban saya adalah artikel yang di buat secara "NATURAL".

Artinya artikel yang memang di buat murni untuk konten bacaan yang wajar, tanpa di paksakan menggunakan keyword tertentu, dibuat seolah panjang dengan kata basa-basi yang banyak, lalu buktinya Blog yang saya kelola masih tetap bisa bersaing di jajaran atas.

Meski demikian, di beberapa artikel saya juga mengupayakan menulis artikel dengan keyword bidikan, tetapi jumlahnya mungkin hanya seperempat dari jumlah artikel yang saya buat secara natural dan senyaman saya.

Maka dari itu kalau bisa buang jauh-jauh artikel panjang itu segalanya dan pasti akan mendapatkan kedudukan yang tinggi, karena faktanya bukan seperti itu, ada banyak hal yang terlibat jika anda ingin artikel yang anda buat nongkrong di puncak Ranking Search Engine Queries.

Kesimpulan yang bisa di tarik dari hal ini adalah jangan buat konten yang terkesan memaksa degan jumlah kata yang sudah di hitung atau dengan jumlah keyword yang timpang dan tidak natural.

Karena mau bagaimanapun kegiatan melakukan aktifitas Blogging itu ialah memberikan informasi, bisa itu datang dari pendapat, fakta hingga opini pribadi, seperti yang saya lakukan sekarang ini, jadi jangan tempatkan beban pada setiap anda ingin membuat sebuah Post, itu akan menyakiti anda dan akan menghambat perkembangan dari Blog yang anda kelola.

Pikirkan baik-baik ide yang ingin anda angkat, tulis sebaik mungkin yang menurut anda paling baik, jika memang sudah cukup maka segera rilis, jangan di perpanjang lagi, karena mau seperti apapun yang membaca konten anda itu manusia dan ingin mencari jawaban atas pertanyaan yang mereka cari.

Sehingga pada akhirnya seperti yang sudah saya bilang di atas adalah konten yang padat, lengkap, berkualitas dan relevant pasti akan menjadi juara, selanjutnya yang anda lakukan dari sekarang ialah fokus saja membuat artikel yang di maksud.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact