logo

Selasa, 07 Agustus 2018

Cara atasi komputer bisa Booting tetapi di layar monitor tidak tampil apapun

Cara atasi komputer bisa Booting tetapi di layar monitor tidak tampil apapun

Cara atasi komputer bisa Booting tetapi di layar monitor tidak tampil apapun

Bukan Personal Computer (PC) namanya jika tidak mengalami masalah-masalah seperti ini, bagi anda yang baru saja mengalami hal ini, tidak perlu panik, karena masalah seperti ini sudah sangat umum terjadi di dunia komputerisasi dari dulu hingga sekarang.

Memang benar jika anda masih awam tentang komputer mengalami hal semacam ini tentu saja menjadi pengalaman yang tidak mengenakan, tetapi perlu anda ketahui sebenarnya solusi dari permasalahan ini sangat sederhana saja dan jika mengeluarkan biaya pun saya pikir tidak akan lebih dari 50 ribu rupiah.

Baiklah, kita lihat saja dulu permasalahannya, yaitu adalah Komputer (PC) CPU bisa hidup dengan normal, semua Fan dan lampu indikator hidup, tetapi anehnya tidak muncul apa-apa di layar monitor yang hanya menampilkan layar hitam blank seperti tidak ada respon apapun, jadi sebenarnya apa masalahnya?

Cara atasi komputer bisa Booting tetapi di layar monitor tidak tampil apapun


Menurut saya pribadi masalahnya bisa datang dari ke-3 hal ini :


1. Monitor memang rusak (tetapi harusnya ada tanda-tandanya terlebih dahulu sebelum muncul kasus seperti ini, kalau terjadi tiba-tiba mungkin bukan ini penyebabnya)
2. Kabel penghubung Monitor ke PC (VGA, HDMI, DVI atau DisplayPort) rusak atau longgar.
3. Komponen utama di dalam CPU bermasalah.

Untuk bisa mengatasi masalah ini, yang mesti anda lakukan pertama kali ialah dengan cara sebagai berikut :


1. Lepaskan RAM dan VGA (Grphic Card, jika ada) dari Motherboard.
2. Selanjutnya bersihkan kuningan yang terdapat pada bagian konektor kedua komponen tersebut.


3. Sangat di sarankan menggunakan Penghapus Pensil yang lembut agar kuningan tembaga RAM dan VGA tidak lecet atau rusak.

Contoh Penghapus yang akan di gunakan

4. Bersihkan juga dudukan tempat RAM dan VGA.
5. Jika anda sudah yakin kedua buah komponen ini bersih dengan indikasi kuningan RAM dan VGA terlihat bersinar, pasangkan kembali ke-2 buah komponen tersebut ke Motherboard.
6. Coba hidupkan kembali Komputer anda,
7. Harusnya sih sudah bisa hidup dengan normal lagi.

Jika cara di atas tidak berhasil, maka anda patut mencurigai Port dan Kabel penghubung terhadap Monitor ke PC, biasanya kalau CPU tidak mempunyai VGA External, maka penghubung layar akan di hubungkan melalui Port yang ada di Motherboard, jika ada VGA External maka harusnya koneksi layar ke PC terhubung melalui Port display yang ada di VGA, berikut adalah solusinya :

1. Coba pindahkan koneksi Port ke lubang Port yang lain, biasanya selalu di sediakan minimal 2 Slot Port untuk Display tersebut.
2. Selanjutnya periksa kabel penghubung, fokuskan ke kepala Port tersebut, jika ada Pin/kuningan yang rusak, maka harusnya ini penyebabnya.
3. Saran saya coba beli baru atau ganti dengan tipe kabel Port yang berbeda jika Monitor PC anda support beberapa Display Port seperti dari kabel VGA konvensional ke HDMI atau dari HDMI ke kabel DisplayPort.
4. Jika masih saja tidak bisa, saya bisa yakin bahwa Monitor anda telah berpulang ke maha kuasa.

Apakah mungkin akan separah itu? tunggu dulu! faktanya hampir 80% kasus ini terselesaikan hanya dengan menggunakan cara membersihkan RAM dan VGA saja, tidak percaya coba saja sendiri, saya sendiri telah membuktikan hal ini, tidak hanya sekali bahkan berulang kali di kasus Komputer Pribadi saya atau Komputer Kantor, umumnya ke-2 buah cara di atas sangat layak untuk anda coba.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact