Berbahayakah melakukan ROOT di Android?

Berbahayakah melakukan ROOT di Android?

Berbahayakah melakukan ROOT di Android?

Pertanyaan ini memang sudah muncul sejak pertama kali implementasi ROOT ada di Android, berbagai macam pengguna Android memang sedikit di buat khwatir tentang implementasi tersebut, apakah akan berdampak negatif? atau bagaimana dengan dampak jangka panjangnya?

Memang tidak salah pertanyaan tersebut muncul, di karenakan memang pada faktanya smartphone Android itu di beli dengan menggunakan uang bukan menggunakan daun, terlebih jika itu hanya smartphone satu-satunya yang anda miliki, maka sudah sewajarnya jika anda berhati-hati melakukan sesuatu yang mungkin berbahaya untuk smartphone Android yang kalian miliki.

Berbahayakah melakukan ROOT di Android?


Lalu apakah memang benar melakukan ROOT di Android itu berbahaya? saya akan jawab pertanyaan tersebut secara jelas dengan memaparkan keuntungan dan kerugian dari ROOT Android itu sendiri.

Keuntungan melakukan ROOT di smartphone Android adalah sebagai berikut :


1. Smartphone Android akan lebih flexible penggunaannya, karena tidak di batasi lagi oleh system.
2. Anda bisa memasangkan berbagai macam modifikasi seperti mengganti Font, hingga mengganti tema Framework itu sendiri.
3. Anda akan di beri keleluasaan dalam melakukan modifikasi System Android.

Lalu kerugian dalam melakukan ROOT itu seperti apa?


1. Hampir tidak ada, mengapa demikian? karena melakukan ROOT itu memang tidak berbahaya.

Lalu apa hal yang membuat ROOT "tampak" berbahaya? itu karena kesalahan dari pengguna smartphone Android itu sendiri, jika device Android sudah dalam kondisi ROOTED, maka secara umum proteksi default system Android akan menurun.

Jadi jika anda sembarangan menginstall aplikasi di luar dari tempatnya, seperti mendownload aplikasi di luar dari Play Store, maka bisa jadi smartphone Android kalian di susupi virus yang mungkin akan merugikan kinerja dari smartphone Android yang kalian miliki saat ini.

Tetapi jika anda mendownload aplikasi dari sumber yang jelas dan terbukti aman, maka harusnya hal tersebut tidak akan memberikan dampak negatif, melainkan beragam keuntungan yang akan anda dapatkan.

Lalu apakah ROOT akan menghanguskan garansi? saya pikir tidak! karena sampai saat ini belum ada bukti terkait ROOT mampu menghanguskan garansi resmi sebuah smartphone.

Hal yang mungkin membuat garansi smartphone Android itu hangus, bisa jadi karena "Proses" dari ROOT itu sendiri, karena seperti yang telah terjadi saat ini, beberapa smartphone Android dengan versi Android yang paling baru, tidak bisa mendapat akses ROOT dari cara lama, melainkan denganc ara khusus.

Lalu cara tersebut ialah dengan melakukan Unlock Bootloader yang sudah jelas ketika anda melakukan hal tersebut maka garansi akan otomatis hilang, hal ini sudah menjadi kebijakan umum untuk semua vendor smartphone Android yang ada saat ini.

Jadi apakah ROOT seberbahaya itu? sama sekali tidak, yang membuat ROOT menjadi berbahaya adalah karena proses dan juga di sebabkan oleh aktivitas anda sendiri ketika device sudah dalam keadaan ROOT, paham?

Baca juga:

Philiadi Agung Wicaksana
Pasha Dino

"Berkerja Saat Ingin"

Buka Komentar

No comments