Senin, 06 Agustus 2018

9 Hal ini bisa membuat Visitor blog anda turun drastis

9 Hal ini bisa membuat Visitor blog anda turun drastis

9 Hal ini bisa membuat Visitor blog anda turun drastis

Mendapati statistik visitor yang terjun drastis pasti tidak di inginkan oleh semua Blogger, karena hal ini seakan seperti tersambar petir saat sedang buang air besar! pasti sakit rasanya menerima kenyataan yang seperti ini.

Namun, munculnya kasus ini bukan berarti tanpa masalah, sebab seringkali masalah ini anda sendiri yang membuatnya menjadi terjadi mungkin tanpa disadari oleh anda sendiri, maka dari itu disini saya akan sedikit menjelaskan terkait apa saja sih fenomena yang bisa membuat visitor blog yang anda kelola menjadi amblas, saya rangkum menjadi 9 hal besar yang perlu anda ketahui ;

9 Hal ini bisa membuat Visitor blog anda turun drastis


1. Mengganti Permalink

Haram hukumnya mengganti Permalink jika pada artikel/post tersebut sudah di banjiri oleh visitor, jika anda tidak tahu apa itu Permalink, maka sederhananya adalah Permalink merupakan URL/Alamat Link dari Post yang telah anda Publish.

Jadi, jika anda mengganti Permalink tersebut sebisa mungkin lakukan Redirect dengan prosedur yang benar, jika salah-salah maka saya pastikan anda akan menyesali hal ini!

2. Mengganti Domain dan Hosting

Jika anda berniat melakukan migrasi Hosting atau bahkan juga mencoba mengganti Domain, maka pastinya minimal 50% Visitor akan hilang, karena faktanya mesin pencari Google akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa mengindex kembali domain atau informasi Hosting baru yang anda miliki.

Meski bersifat sementara, nyatanya untuk bisa mengembalikan Visitor yang hilang tersebut bisa memakan waktu berbulan-bulan lamanya, jadi jika anda memiliki niat seperti itu, siapkan diri anda jangan sampai depresi dibuatnya.

3. Menghapus artikel top

Meski jika di pikir-pikir tidak mungkin terjadi, tetap saja apa yang di sebut Human Error itu sering terjadi, bisa jadi anda tidak sengaja menekan tombol delete pada Post yang telah anda Publish yang menyebabkan Post tersebut Error Page 404 yang artinya akan hilang dari Entry Blog anda dan juga dari Index Google, maka bisa di pastikan Visitor anda akan banyak hilang.

4. Ganti Template

Meski sebagian orang mengatakan ini mitos, tetapi hal ini benar-benar pernah saya alami, kala itu saya kehilangan 40% visitor hanya dalam waktu sekejap! apakah akan berlangsung sementara? saya pikir iya, karena saya butuh waktu 6 bulan untuk mengembalikan jumlah visitor yang hilang tersebut! anda bisa lihat pengalaman yang saya alami di artikel ini Sering ganti Template Blogger visitor anjlok parah!

5. Blog kena Hack

Umumnya teknik Hacking yang di gunakan adalah dengan megganti tampilan Blog anda dengan tampilan yang sudah di buat oleh para Hacker, biasanya di sebut Deface, jika anda mengalami kesialan ini, maka di pastikan jumlah visitor harian akan menurun hingga 90% banyaknya, sangat merugikan memang.

6. Kena update Algoritma Google

Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa Google sangat sering memperbaiki Algoritma mereka dalam hasil pencarian yang lebih relevant, maka jika Blog anda di nilai sudah tidak Relevant lagi oleh Google, maka bersiap anda akan melihat statistik Visitor terjun bebas dengan cantiknya!

7. Kena manual SPAM oleh Google

Jika blog anda berbau masalah SPAM, seperti melakukan tindakan ilegal pencurian konten secara otomatis (AGC), mendistribusikan barang haram, mengajak kesesuatu yang tidak baik atau konten yang sama sekali di buat untuk menyesatkan pengunjung, maka jangan terkejut jika anda melihat Visitor harian anda berubah menjadi NOL! karena sudah di deindex oleh Google.

8. Hilangnya Backlink

Memang tidak terjun secara spontan, tetapi faktanya kehilangan Backlink (khusus yang berkualias) itu sangat-sangat merugikan, karena benar saja Ranking Blog anda di Google Search akan menurun hingga imbasnya Visitor akan berkurang sedikit demi sedikit setiap harinya.

9. Jarang update artikel

Tidak percaya jarang updata artikel bisa membuat Visitor turun? coba saja sendiri! saya sudah buktikan juga 4 bulan saya tidak aktif melakukan kegiatan Blogging visitor Blog yang saya jalankan hilang di kisaran 20-30%.

Dengan demikian, 9 hal di atas mungkin hanya hal yang paling umum saja yang bisa membuat trafic blog anda turun dalam sekejap, di luar itu masih ada masalah lain yang kalau di jelaskan mungkina akan sangat panjang.

Inti dari permasalahan turunnya statistik blog itu memang tidak lain dan tidak bukan berasal dari istilah SEO itu sendiri, jika anda tidak ingin melihat statistik visitor yang turun drastis dan cepat seperti hingus bocah, maka jadilah seorang Blogger yang budiman!.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact