Selasa, 03 Juli 2018

5 Hal utama yang perlu di pertimbangkan sebelum menjadi seorang Blogger

5 Hal utama yang perlu di pertimbangkan sebelum menjadi seorang Blogger

5 Hal utama yang perlu di pertimbangkan sebelum menjadi seorang Blogger

Semua orang memang mempunyai cita-cita menjadi seorang yang sukses sekarang maupun kelak, dari banyaknya jalan menuju kesuksesan tersebut, ternyata ada satu buah fenomena yang sangat menarik yaitu bisa sukses dengan hanya duduk di muka komputer/laptop saja, apa yang mereka kerjakan? ialah menjadi seorang Blogger!

Memang tidak bisa di pungkiri bahwa di zaman sekarang ini profesi menjadi seorang Blogger ini sudah mulai menjamur di tanah air kita ini, karena untuk hasilnya pun terbilang cukup besar (jika sudah sukses ngeblognya lho!) maka dari itu banyak orang yang mencoba untuk menggeluti profesi ini, meski demikian pada kenyataannya mereka kurang begitu mengerti apa saja sih hal perlu di persiapkan sebelum menjadi seoarang Blogger Profesional?

5 Hal utama yang perlu di pertimbangkan sebelum menjadi seorang Blogger


Maka dari itu disini saya akan gambarkan sedikit lebih jauh untuk membuka wawasan kalian terkait hal yang di perlukan menjadi seoarang Blogger hebat di masa depan :

1. Perencanaan

Siapa bilang hanya perusahaan yang harus punya perencanaan matang agar bisa mendapat untung, seorang Blogger pun juga harus memiliki hal demikian, karena jika perencanaannya tidak benar, maka hasil akhirnya pasti akan buntung.

Perencanaan seperti apa sih yang di maksud? mudah saja perencanaan seperti pengaturan jadwal, pencapaian target, masalah keuangan (untuk kebutuhan hosting, domain, dan promosi jika memang perlu), pembentukan ide, pengelolaan stress dan lainnya.

Perencanaan yang benar pasti akan membuat anda masuk dalam zona yang sudah bisa kalian prediksi hasilnya akan kurang lebih seperti apa, jadi saran dari saya jika memang anda ingin serius menggeluti dunia Blogging lebih baik kalian rencanakan jalan seperti apa yang harus kalian lewati, kalau perlu catat progress-nya.

2. Harus bisa menulis

Bukan dalam artian yang ambigu, maksudnya adalah anda harus bisa membuat sebuah artikel yang memang mempunyai nilai jual dan menguntungkan.

Artinya adalah anda harus bisa membuat sebuah tulisan yang memang sedang di cari dan akan selalu di cari, dengan demikian popularitas Blog yang kalian miliki akan meningkat dan selalu ingat kalau bisa selalu buat sebuah artikel yang memang di perlukan banyak orang, gunakan kata-kata yang jelas, buat kalimat yang ter-struktur dan terakhir buat ciri khas gaya menulis kalian masing-masing agar bisa menjadi trademark.

3. Pandai mengelola waktu

Menjadi seorang Blogger itu memang banyak macamnya ada yang menjadi seorang Blogger pengejar topik viral dan ada juga seorang Blogger karena hobi, lalu ada juga yang menjadi Blogger karena tuntutan hidup.

Meski banyak macamnya rata-rata para Blogger yang sukses itu sangat pandai mengelola waktu dalam melakukan update konten, melakukan interaksi terhadap pengunjung (membalas komentar misalnya) dan harus bisa mengatur waktu paling tidak membuat dan mencari bahan topik untuk 1 artikel setiap hari.

4. Harus bisa mandiri

Bukan artinya harus bisa mandi sendiri! melainkan kalian harus belajar mandiri untuk bisa melakukan optimasi blog/website yang kalian miliki sendiri.

Selain hal optimasi kalian juga mesti belajar bagaimana cara melakukan maintenance atau problem solving terhadap masalah yang muncul di kemudian hari dengan artian sederhanannya anda hrus tahu paling tidak sedikit tentang HTML5, CSS, atau coding berbasis Java maupun PHP.

Tetapi, hal ini bukan menjadi sebuah target utama yang harus kalian penuhi, karena hampir semua Blogger itu memulai karirnya dengan cara belajar dari seseorang atau belajar dari hasil karya seseorang, jika sudah mulai mengerti, kini saatnya kalian mulai implementasikan ke Blog yang anda miliki secara bertahap, santai saja kalau boring rehat sejenak, karena sesuatu yang di paksakan itu rezekinya juga akan di beri secara terpaksa!

5. Pantang menyerah

Memang terdengar sederhana tetapi tidak seperti itu! faktanya seoarang Blogger sukses itu pasti adalah seorang yang pantang menyerah, alasannya simple saja, karena untuk menjadi sukses di profesi ini memang cukup sulit, kalian harus bersaing dengan kompetitor Blogger lainnya yang jumlahnya jutaan.

Selanjutnya kalian harus bisa membuat konten yang menarik agar menang dalam persaingan "Google Page One" lalu anda harus bisa menyelesaikan masalah yang muncul yang memang terkadang cukup pelik, jika anda berpikir menjadi seorang Blogger itu mudah, singkirkan itu! dan coba sendiri bagaimana prosesnya.


Terakhir, saya sangat yakin jika ke-5 hal di atas sudah kalian pikirkan matang-matang maka secara perlahan kalian akan bisa mengikuti alur menjadi seorang Blogger Profesional yang berhasil, satu hal lagi sama seperti kunci sukses bisnis lainnya yaitu adalah selalu lakukan dengan "Konsisten" maka hasilnya akan berbanding lurus dengan perjuangan yang telah anda mulai dan geluti.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact