Contoh Surat Izin Sakit Formal untuk Pelajar (Siswa) - ASHADIN

Sunday, May 5, 2019

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kelas / Sekolah

Contoh Surat Izin Sakit Formal untuk Pelajar (Siswa)

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kelas / Sekolah

Sakit memang menjadi masalah yang umum dan wajar bagi semua manusia, sehingga jika anda sakit maka anda memang harus beristrirahat, karena jika sakit maka semua kegiatan yang akan anda lakukan tidak akan berjalan dengan lancar.

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas masalah sakit ini di derita semua kalangan, termasuk pada Pelajar (Siswa/Siswi) sehingga jika anda sakit, maka anda harus memberikan keterangan sakit untuk bisa mendapatkan Izin tidak masuk sekolah.

Selain itu untuk bisa mendapatkan Izin tidak ikut kelas atau masuk sekolah, maka anda harus membuat sebuah Suart, bukan sembarang Surat melainkan jenis Surat Formal yang di akui.

Karena sekarang ini sudah semua Sekolah mewajibkan Pelajarnya untuk membuat Surat jika ingin Izin tidak masuk Kelas atau Sekolah dengan beragam perihal, surat Izin tidak mask Sekolah ini juga bisa di buat oleh Wali ataupun anda sendiri.


# Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kelas / Sekolah


Kalau saya menyarankan lebih baik anda buat sendiri, karena cara membuatnya pun cukup mudah, ada 2 jenis Surat Izin Sakit yang bisa anda lakukan, hal in tergantung dengan kebijakan tempat anda sekolah yaitu :

1. Tulis Tangan
2. Print (diketik)

Untuk membantu anda disini saya sertakan 2 buah Contoh Surat Izin Sakit Formal dengan keterangan dan tanpa keterangan Dokter, anda bisa menyesuaikan kondisinya.


# Contoh Surat Izin Sakit Formal Pelajar Tanpa Keterangan


Surat Izin Sakit jenis ini biasanya di tujukan untuk satu Hari ijin saja, karena biasanya jika anda tidak masuk selama Satu Hari, maka jenis surat Izin ini bisa anda gunakan, berikut adalah gambarannya :

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kelas / Sekolah

Download Format Surat : (PDF)

Beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika menulis Surat Izin Sakit Formal untuk Pelajar adalah sebagai berikut :


  • Sertkan Tanggal.
  • Identitas.
  • Tanggal Izin Sakit berserta Hari.
  • Perihal Masalah (Bisa cuma di Tulis Sakit atau di tulis lebih jelas).
  • Tanda Tangan Wali atau Anda sendiri.



# Contoh Surat Izin Sakit Formal Pelajar dengan Keterangan Dokter


Sekarang ini Surat Izin Sakit memang harus membutuhkan Keterangan dari Dokter, karena jika tidak maka Surat Izin Sakit anda tidak akan di akui oleh sekolahan, terlebih jika anda Izin Sakit selama beberapa hari, maka saya sarankan sertakan Surat Keterangan dari Dokter agar lebih Kuat dan lebih Formal sesuai Prosedur yang sebenarnya.

Berikut adalah Contoh Surat Sakit dengan Keterangan Dokter :

Contoh Surat Izin Sakit Tidak Masuk Kelas / Sekolah

Download Format Surat : (PDF)

Beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika menulis Surat Izin Sakit Formal dengan Keterangan Dokter untuk Pelajar adalah sebagai berikut :


  • Sertkan Tanggal.
  • Identitas.
  • Tanggal Izin Sakit berserta Hari (Tulis dari hari apa sampai hari apa, jika memang Izin Sakit beberapa hari).
  • Perihal Masalah (Bisa cuma di Tulis Sakit atau di tulis lebih jelas).
  • Lampiran Surat Keterangan dari Dokter yang asli (bertanda tangan dokter)
  • Tanda Tangan Wali atau Anda sendiri.


Selanjutnya jika sudah anda buat, maka silahkan kirimkan ke Sekolah atau titp dengan teman, maka Surat Izin Sakit yang sudah anda buat bisa di terima sesuai dengan prosedur yang telah di kelauarkan oleh sekolah.

Contoh Surat Izin Sakit yang saya tulis diatas itu bisa anda kembangkan lagi sendiri, karena pada Contoh Surat Izin Sakit yang saya sertakan diatas itu adalah Contoh secara umumnya saja.

Anda bisa membuatnya lebih lengkap lagi, dengan menjelaskan pokok masalahnya secara jelas, tetapi tetap buat sepadat dan sejelas mungkin, semoga bermanfaat dan semoga anda cepat sehat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact