6 Search Engine Alternatif selain Google Search yang juga tidak kalah hebat - ASHADIN

Wednesday, April 17, 2019

Search Engine Selain Google

6 Search Engine Alternatif selain Google Search yang juga tidak kalah hebat

Search Engine Selain Google

Anak-anak hingga orang dewasa pasti akan mencari sesuatu di Google jika memang mereka butuh konten atau sedang penasaranm, umumnya begini jika kita bertanya pada orang dan orang tersebut juga tidak tahu jawabannya, maka rata-rata orang akan mengatakan seperti ini "Cari saja di Google" atau "Tanya saja sama Mbah Google".

Maka mau bagaimana pun prinsipnya, bagi kebanyakan orang Search Engine (Halaman Pencarian) di Internet itu ya Google dan tidak ada yang lain lagi, hal ini terjadi karena memang kita sudah terbiasa menggunakan Google dalam keseharian kita.

Misalnya saat kita menggunakan sebuah Smartphone Android, yang benar saja OS Android tersebut adalah miliknya Google, lalu jika anda ingin melakukan Browsing Internet, maka anda perlu aplikasi Browser, bisanya menggunakan Chrome, yaitu aplikasi Browser tersebut juga milik Google.

Jadi, sangat wajar jika anda tahunya cuman Google saja dan faktanya Google Search memang menjadi satu-satunya situs di dunia yang paling banyak di kunjungi dan posisi ini sudah bertahan bertahun-tahun silam.

Selain itu di Google anda juga bisa menemukan apapun, Query Pencarianm sangat cepat di Update, sehingga anda tidak akan tertingga kalau kita berbicara soal berita Viral atau Trending, lalu Fitur di Search Engine di Google Search juga sangat ramah untuk anak-anak, karena memiliki Filter untuk menghilangkan Konten yang bersifat "Tabu".

Lalu benarkan Search Engine itu hanya Google Search? Faktanya tidak demikian, ada banyak sekali Search Engine lain di luar sana, yang bisa jadi jumlahnya ada Puluhan hingga Ratusan buah.

Selain itu konten yang di tampilkan juga variatif, misalnya ada beberapa konten Query yang tidak ada di Google tetapi muncul di dalam Search Engine tersebut, selain itu bagi mereka yang tidak suka dengan fitur SafeSearch Google, anda bisa mencoba beberapa Alternatif selain Google Search di bawah ini :


1. Yahoo


Search Engine Selain Google

Dulu sebelum Google mendominasi semuanya, Yahoo.com lah yang menjadi Search Engine yang banyak di gunakan orang, maka tidak salah jika Yahoo.com ini menjadi salah satu Search Engine terbaik selain Google.

Karena dari segi Infrastruktur, Algorithm hingga Konten Grabbing dan Indexing sama bagusnya seperti Google, Yahoo sendiri juga merupakan sebuah perusahaan dunia yang besar, meski demikian levelnya memang tidak bisa di samakan dengan Google.

Saat ini Yahoo sendiri sudah di Akuisisi oleh perusahaan Digital berbasis Teknologi Mobile dan Jaringan asal Amerika Serikat yaitu adalah Verizon, saat ini Yahoo.com menduduki peringak nomor 3 jika di hitung dari Ranking penggunaan Search Engine dunia.


2. Bing


Search Engine Selain Google

Layanan Search Engine ini adalah milik Microsoft, memiliki tampilan yang sangat menarik dan berbeda jauh dengan Google yang terkesan sangat polos, Bing menawarkan pengalaman baru dalam berselancar Internet.

Hanya saja kekurangan dari Bing ini adalah Query Kontennya tidak sebaik dan sebanyak Google, meski demikian Bing masih tetap menjadi salah satu Search Engine terbaik Alternatif dari Google Search.


3. AOL


Search Engine Selain Google

Mungkin anda masih awam dengan salah satu nama Search Engine ini, ya! benar sekali Search Engine ini tidak masuk dalam Top 100 website paling banyak di kunjungi, karena AOL sendiri baru masuk ke peringakat 500 Besar Situs Populer Dunia saja.

Untuk tampilannya sendiri memang agak mirip dengan Yahoo, hanya saja di AOL ini banyak sekali Konten yang tidak bisa anda dapatkan melalui Google atau Bing, karena sistem Filter di AOL ini nampak berbeda, sehingga konten terlarang masih bergelimpangan bebas pada Search Engine satu ini.


4. Duckduckgo


Search Engine Selain Google

Search Engine satu ini memang tengah naik daun, karena memiliki fitur yang terkesan cukup unik di bandingkan dengan Search Engine lain, duckduckgo juga sudah melebarkan namanya di dunia Internet Bawah (Deep Web).

Karena ducksuckgo ini adalah salah satu situs yang bisa di gunakan untuk mencari konten di Deep Web tersebut dan benar saja untuk mengakses situs di Deep Web anda tidak bisa menggunakan Google Search, maka Duckduckgo ini memiliki Point lebih untuk hal ini.

Jadi, tidak mengherankan jika Duckduckgo mengalami kenaikan popularitas yang cukup signifikan, karena sekarang mereka sudah bersiap masuk ke Top 100 situs paling banyak di kunjungi.


5. Baidu


Search Engine Selain Google

Jika di lihat dari Ranking, maka Baidu ini adalah Search Engine nomor 2 paling populer setelah Google, saya tidak tahu kenapa hal ini bisa terjadi, mungkin jaringan Baidu ini sudah sangat kuat di Negera tertentu.

Selanjutnya yang perlu anda ketahui adalah bahwa Baidu ini hanya Ekslusif hadir dalam bahasa China, artinya target usernya memang hanya orang yang pandai bahasa China saja, untuk kita di Indonesia mungkin tidak cocok untuk menggunakan layanan Baidu, karena keterbatasan bahasa.

Lalu bayangkan saat ini Baidu menduduki peringkat Nomor 4 Dunia Situs paling banyak di kunjungi, jika Baidu ini di buat untuk menyasar Konsumen secara Global, maka bisa jadi hal ini menjadi ancaman serius untuk perusahaan sekaliber Google.


6. Yandex


Search Engine Selain Google

Lagi-lagi ini adalah sebuah Search Engine Alternatif selain Google, hanya saja penggunaannya terbatas untuk bahasa Rusia saja, Yandex sendiri memiliki peringkat 19 Top Situs Dunia, artinya Yandex ini memang sudah di akui kehebatannya untyuk sebuah Search Engine.

Itulah ke-6 Search Engine Alternatif terbaik, terpercaya dan populer selain Google, di luar sana masih banyak Search Engine lain, hanya saja kebanyakannya menggunakan API yang sama, bisa jadi menggunakan API Yahoo, Google atau Bing.

Jadi, hanya sedikit dari Search Engine yang menggunakan API Search sendiri, untuk ke-6 Search Engine diatas bisa anda akese dengan mudah sekarang ini juga.

Hanya saja khusus untuk Baidu dan Yandex, anda perlu Plugings atau Extensions Translate untuk bisa menggunakannya, semoga bisa menambah wawasan anda dan semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact