Cara Mengakses Google Webmaster Tool versi lama - ASHADIN

Monday, April 15, 2019

Akses Google Webmaster Tool Lama

Cara Mengakses Google Webmaster Tool versi lama

Akses Google Webmaster Tool lama

Seperti yang anda ketahui, saat ini ketika anda ingin mengakses Google Webmaster Tool, anda pasti akan di arahkan ke Versi Webmaster Tool baru dengan tampilan baru dan beberapa Fitur baru juga, versi baru ini memang terlihat lebih modern dan menarik untuk di pandang mata, hanya saja untuk fitur di dalamnya tidak begitu lengkap, seperti yang ada di versi lamanya.

Maka kebanyakan orang lebih memilih Google Webmaster Tool versi lama, ketimbang versi baru yang ada sekarang, meski demikian beberapa fitur di Webmaster Tool lama juga sudah tidak bisa di gunakan lagi, seperti Statistics (Analytics), Fetch As Google, Sitemap dan lainnya.

Google Webmaster Tool sendiri adalah sebuah Tool wajib bagi anda para Blogger, karena dengan adanya Tool ini anda bisa melihat perkembangan situs anda, jumlah backlink, menentukan backlink buruk atau baik dan Tool lainnya yang berkaitan dengan eksistensi situs anda di halaman Google Search.

Pada awal tahun 2019, ini kita seakan "Di Paksa" untuk menggunakan versi Webmaster Tool baru ini, padahal jika di lihat dari Fiturnya sendiri masih tidak begitu lengkap seperti yang ada di versi Webmaster Tool lama.

Sebelumnya anda di berikan pilihan, apakah anda akan menggunakan Webmaster Tool baru atau Lama, jika anda ingin menggunakan yang versi lama, maka anda bisa memilih opsi "Switch Old Version" pada bagian Menu di Webmaster Tool baru.

Akses Google Webmaster Tool lama

Namun, sekarang anda sudah tidak bisa lagi menggunakan hal itu, saya juga tidak tahu alasannya, kenapa pihak Google begitu memaksa kita menggunakan versi Webmaster Tool baru ini, padahal semua Fitur dari Webmaster Tool lama masih belum di pindah dan diadakan pada versi Webmaster Tool baru tersebut.

Tenang saja! sekarang anda masih bisa menggunakan versi Google Webmaster Tool versi Lama, dengan menggunakan alamat URL ini :

https://www.google.com/webmasters/tools


Akses Google Webmaster Tool lama

Perlu kalian ketahui, seperti yang sudah saya sebutkan di atas, beberapa fitur seperti Analytics, Sitemap, Fetch As Google dan lainnya sudah tidak berfungsi pada versi Google Webmaster Tool lama ini.

Namun, fitur seperti Web Tools, URL Parameter, International Targeting, Robot.txt Tester, dan lainnya masih berfungsi di Google Webmaster Tool lama tersebut.

Akses Google Webmaster Tool lama

Sehingga anda masih bisa melakukan Optimasi yang sekarang tidak bisa di lakukan pada Webmaster Tool baru tersebut.

Sekali lagi saya ingatkan, bisa jadi dalam beberapa waktu ke depan halaman Google Webmaster Tool Lama benar-benar di Shutdown oleh pihak Google, untuk sekarang memang masih bisa di gunakan, maka dari itu maksimalkan sekarang penggunaan Webmaster Tool lama tersebut.

Sebelum benar-benar di matikan oleh Google, sebenarnya Google Webmaster Tool baru juga menarik, kalau menurut saya pribadi, tetapi kekurangannya yaitu adalah fitur pada Webmaster Tool lama belum di pindahkan semuanya dan Google juga seharusnya tidak boleh ngotot untuk memaksa pada Webmaster untuk menggunakan Google Webmaster Tool Baru jika semua fitur yang di butuhkan para Webmaster belum tersedia.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact