√ 3 Cara cek kecepatan loading Blog dengan data akurasi tinggi - ASHADIN

Saturday, March 16, 2019

Cek Kecepatan Loading Blog

√ 3 Cara cek kecepatan loading Blog dengan data akurasi tinggi

Cara cek kecepatan Blog

Jika anda tengah serius ingin menjalankan sebuah Blog yang ingin di bisniskan, maka salah satu perhatian extra yang mesti anda lakukan adalah dengan memperhatikan kecepatan dari Loading Blog yang anda miliki.

Memiliki Blog yang Loadingnya cepat tentu saja akan banyak mendatangkan keuntungan, selain bisa di gunakan untuk mendongkrak peringkat di Halaman Pencarian, faktanya memiliki Loading Blog yang cepat itu juga akan mendatangkan Visitor Setia.

Hal pertama yang pasti anda dapatkan dari cepatnya Loading Blog adalah User Experience yang baik dengan ini maka nilai SEO di Blog anda tentu saja akan meningkat dan pastinya para pengunjung akan betah berlama-lama di Blog anda dan berpindah dari Artikel 1 ke Artikel yang lainnya dengan mudah, tanpa perlu adanya Loading yang berarti.


Umumnya beberapa hal yang bisa membuat Blog itu menjadi lamban saat Loadingnya adalah karena beberapa hal di bawah ini :


1. CCS yang tidak di Minify.
2. Penggunaan banyak JS yang bersifat Above The Fold.
3. Hosting memang lelet.
4. Gambar tidak di Convert.
5. Menggunakan Gadget berupa iFrame yang berlebihan.
6. Menggunakan banyak sekali iklan.
7. Design (Template) Blog berat.

Dari semua kasus memang ke-7 hal diataslah yang memang menjadi penyebab utama kenapa sebuah Blog itu bisa menjadi lamban Loadingnya, maka dengan demikian anda harus memperbaiki ke-7 hal tersebut.

Lalu bagaimana saya bisa tahu? jawabannya sangat mudah sekali! anda hanya perlu memeriksa kecepatan Blog anda di situs dan tools yang memang sudah di buat Khusus untuk itu.

Sekarang ini ada 3 Buah cara paling efektif dan umum yang di gunakan banyak Blogger di luar sana untuk mengetahui kecepatan Blog yang mereka miliki, selain itu juga pada halaman Situs atau Tools tersebut juga di sertakana apa saja penyebabnya dan bagaimana cara memperbaikinya.


Berikut adalah ke-3 Situs yang saya maksud :



1. GT Metrix


Situs ini sudah ada sejak lama sekali dan menjadi andalan bagi banyak Blogger untuk bisa mengetahui kecepatan dari Blog yang di jalankan.

Informasinya pun cukup lengkap anda bisa mengetahui Grade PageSpeed Blog anda, skor YSlow dan Informasi penting lainnya.

Cara cek kecepatan Blog

Cara pengerjaannya cukup sederhana anda hanya perlu masuk ke situs GTMetrix, selanjutnya silahkan Copy saja URL Blog anda di kotak yang sudah di sediakan, maka setelahnya akan muncul hasil.


2. Google PageSpeed Insights


Faktanya Google juga sangat serius dalam mendorong pemilik Blog untuk mempercepat Loading Blog yang mereka miliki, sebagai bukti dari keseriusan Google tersebut, mereka sampai merilis sebuah Tools yang sangat hebat dan akurat dalam data yang di sajikannya.

Pada halaman PageSpeed tersebut akan tersaji 2 buah Data yaitu data proses Web di tampilan Desktop dan data Web di tampilan Mobile, sehingga benar saja PageSpeed ini menjadi Tool yang paling favorite banyak Blogger.

Cara cek kecepatan Blog

Cara kerjanya juga sangat mudah anda hanya perlu membuka situs Tool Google PageSpeed Insight, setelahnya masukan saja URL Blog anda dan tunggu hingga prosesnya selesai.


3. Audit di Google Chrome


Ini hanya khusus untuk pengguna aplikasi Browser Google Chrome saja, karena disini yang kita gunakan adalah sebuah Tool yang ada di Google Chrome dan bukan melalui sebuah Website.

Cara ini pribadi sangat saya sukai, karena prosesnya yang sangat baik dan akurat, selain itu data yang tersaji juga sangat akurat dan benar seperti apa adanya, berikut adalah cara untuk melakukan Audit di suatu Blog dengan Google Chrome.

- Silahkan buka dulu URL Blog anda.
- Setelahnya tekan tombol F12 di Keyboard atau Klik Kanan pada halaman situs dan pilih opsi Inspect.

Cara cek kecepatan Blog

- Lalu masuk Tab Audits dan tekan Run Audits untuk memulai prosesnya.

Cara cek kecepatan Blog

- Pada tahap ini anda bisa mengetahui banyak sekali Informasi berharga untuk memperbaiki Blog anda dari segi kecepatan, SEO, User Experience dan lainnya.

Cara cek kecepatan Blog


Nah, itulah ke-3 cara yang bisa anda lakukan untuk melihat dan memperbaiki masalah yang ada di Blog yang anda kelola, untuk Troubleshoot diatas hanya di jelaskan secara umum saja, anda mesti menggali informasi lebih, jika anda tidak mengerti apa yang di maksud.

Selain itu sebenarnya sangat bagus jika anda banyak menempatkan perhatian pada masalah kecepatan Loading Blog tersebut, hanya saja saya ingatkan sekali lagi, mau bagaimana pun cepatnya Loading Blog anda, tetapi jika konten yang anda sajikan tidak berkualitas, maka sudah pasti tidak akan banyak membantu.

Maka itu Best Practice-nya adalah buat konten sebagus mungkin dan buat juga Blog anda mempunyai Loading cepat, 2 komposisi itu pasti bisa mengantarkan Blog anda memiliki Ranking yang baik di Search Engine, percaya saja!

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact