Chrome anda lemot dan berat? simak solusi cara mengatasinya disini! - ASHADIN

Tuesday, February 19, 2019

Atasi Google Chrome Lelet, Berat dan Lemot

Chrome anda lemot dan berat? simak solusi cara mengatasinya disini!

Cara agar Chrome tidak berat loading

Tahukah anda jenis Browser apa yang paling banyak di gunakan oleh banyak orang untuk mengakses Internet di Zaman sekarang ini? jika tidak tahu jawabannya adalah Google Chrome! dan siapa sih yang tidak tahu dengan aplikasi yang satu ini.

Umumnya jika ingin berselancar Internet di dunia maya maka kebanyakan orang akan menggunakan aplikasi besutan Google ini, karena di nilai mudah dalam navigasinya, responnya cepat, tampilannya simple dan mudah di pahami dan tentu saja memiliki size yang lebih kecil dari kompetitor terdekatnya yaitu Mozila Firefox dan Microsoft Edge.

Tetapi, seperti kebanyakan aplikasi yang ada di PC Windows, jika di pakai secara terus-menerus dalam jangka waktu yang lama, maka sudah jelas aplikasi tersebut akan semakin lemot dan berat responnya.

Hal ini akan sangat dapat anda rasakan ketika anda baru saja membuka aplikasi Google Chrome setelah PC Windows anda Booting, maka aplikasi tersebut akan membutuhkan waktu sekian detik dulu agar bisa terbuka secara normal.

Ketika anda perhatikan lebih detail, pada tahap ini penggunaan RAM yang di alokasikan ke Chrome semakin besar, itu artinya mungkin banyak file yang perlu di load terlebih dahulu agar Chrome tersebut siap di gunakan.

Itulah alasan kenapa aplikasi Google Chrome yang anda miliki semakin hari, semakin lelet dan terasa begitu beraf performanya, karena wajar saja, jika kita ibaratkan Toples maka isi Toples tersebut sudah penuh.

Maka dengan demikian, saya ada beberapa solusi yang bisa anda upayakan untuk mengatasi hal tersebut, berikut adalah opsi yang bisa anda lakukan :


1. Bersihkan semua History Browsing


Umunya sekian lama anda menggunakan Chrome tanpa pernah anda bersihkan sekalipun, maka situs yang pernah anda kunjungi sebelumnya masih tetap akan tersimpan jejaknya di storage yang telah di buat Chrome di PC Desktop yang anda miliki.

Jadi misalkan dalam 1 tahun terakhir anda tidak pernah sama sekali menghapus History yang ada di Chrome, maka wajar saja jika aplikasi Google Chrome yang anda gunakan saat ini menjadi Lemot dan terasa berat, itu karena History yang telah ada menjadi sebuah file Cache dan berujung ke Junk File yang pastinya akan mempengaruhi performa dari Google Chrome itu sendiri.

Cara agar Chrome tidak berat loading

Dengan demikian silahkan anda hapus dulu History-nya, kalau bisa hapus saja semua Cookies, cache dan komponen lainnya, yang di harapkan agar Chrome yang anda gunakan akan bisa menjadi lebih Fresh dan responsif lagi.


2. Hapus Bookmarks situs


Satu hal lagi yang bisa membuat Google Chrome yang anda miliki menjadui berat loadingnya adalah salah satunya karena Bookmarks yang anda simpan sudah sangat banyak, sehingga perlu beberapa detik agar Chrome bisa meload semua data situs yang telah anda Bookmarks sebelumnya.

Sebenarnya fitur ini sangat penting untuk anda, karena dengan fitur ini anda tidak perlu lagi mengetik atau mencari nama dari situs yang ingin anda kunjungi, dengan hanya memberikan bintang sebagai tanda favorite, maka nama situs terkait akan muncul pada halaman Bookmarks yang khusus ada di Google Chrome.

Maka, agar performa Google Chrome tetap terjaga responsif, saya pikir wajib bagi anda untuk menghapus Bookmarks yang sudah tidak anda kunjungi lagi dan kalau bisa jangan gunakan fitur ini sama sekali, umumnya para pengguna fitur ini menjadi tidak sadar, bahwa tiba-tiba halaman Bookmarsknya menjadi penuh saja, seperti yang telah saya alami.


3. Gunakan Themes default Chrome


Salah satu penyebab Google Chrome menjadi lemot dan berat loadingnya adalah karena penggunakan dari Themes Custom yang telah anda lakukan.

Secara umum menggunakan Themes di Google Chrome itu memang sangat menarik dan anda bisa mendapatkan themes tersebut secara gratis pula.

Namun, tahukah anda bahwa hal ini bisa membuat loading Google Chrome menjadi berat? ya tentu saja, karena Chrome mesti melakukan Loading data dari Themes itu sendiri dulu, coba bayangkan jika Background Themes (Wallpaper) yang anda gunakan di Chrome sizenya besar?

Tentu saja Chrome membutuhkan sedikit waktu untuk melakukan Loadingnya, sehingga inilah salah satu penyebab kenapa Google Chrome yang anda miliki sangat lemot ketika pertama kali di buka.


4. Uninstall Chrome dan Install lagi!


Ini adalah cara yang sering saya gunakan, yaitu dengan cara melakukan Uninstall aplikasi Google Chrome terlebih dahulu, lalu mengunduh versi terbarunya dan langsung saya Install-kan lagi.

Kenapa hal ini saya lakukan? karena yang telah saya amati adalah bahwa Google Chrome ini jika telah melakkukan Update, maka bekas versi lawasnya masih tetap akan tersimpan sebagian, sehingga jika sudah mengalami 3-4 Update, maka performa dari Google Chrome tersebut akan menurun, ini hanya asumsi saya saja.

Namun, langkah yang saya lakukan ialah dengan melakukan Uninstall aplikasi tersebut saja dulu, saya tidak takut kehilangan data Bookmarks, Saved Password dan lainnya, karena secara umum semua lalu lintas data sudah saya Synchronize ke akun Gmail yang sudah saya Connect ke aplikasi Google Chrome tersebut.

Dengan melakukan hal diatas, sudah pasti Google Chrome akan cepat dan ringan lagi ketika di operasikan.

Terakhir, tinggal anda saja lagi mau gunakan yang mana, kalau saya sendiri melakukan ke-4 cara yang sudah saya tulis diatas.

Jika anda tidak ingin ambil pusing, silahkan gunakan saja langsung cara nomor 4, maka masalah yang anda hadapi akan sirna seketika itu juga, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact