Anda Blogger pemula? jangan sampai lakukan kesalahan ini! - ASHADIN

Sunday, February 24, 2019

Anda Blogger pemula? jangan sampai lakukan kesalahan ini!

Anda Blogger pemula? jangan sampai lakukan kesalahan ini!

Hal yang tidak boleh di lakukan di Blogger

Sekarang ini kegiatan Blogging memang sudah tidak bisa di pandang sebelah mata lagi, karena kegiatan semacam ini jika benar dalam pengerjaannya maka akan bisa menghasilkan haasil yang luar biasa jika di lihat dari segi pendapatan.

Hanya saja membangun sebuah situs atau blog baru itu memang tidak mudah, ada begitu banyak tantangan dan pengetahuan yang harus anda gali dan asah.

Maka dengan demikian kebanyakan Blogger pemula itu jika sudah salah di awal maka sampai akhir akan berantakan hasilnya dan pastinya target dan mimpi yang di idam-idamkan tidak akan mudah terwujud atau sama sekali tidak tercapai.

Umumnya jika anda ingin serius menjadi seorang Blogger maka anda memang harus belajar banyak terkait hal teknis lainnya, karena dengan belajar maka anda akan mendapatkan pengalaman berharga yang pastinya akan sangat berguna untuk anda di masa depan di dalam dunia Blogging ini.

Saya disini bukan berarti seorang Blogger Profesional, saya juga masih belajar, terhitung dari tahun 2014 lalu saya mulai aktif dalam dunia ini, hingga sekarang saya masih tetap belajar banyak, karena Ilmu dalam dunia Blogging ini sifatnya terus bergerak maju, jika anda tertinggal maka anda kalah, mungkin seperti itu mudahnya.

Sehingga dari pengalaman saya bertahun-tahun dalam bidang ini saya bisa membantu anda agar tidak salah langkah di awal anda membangun sebuah Blog, maka dari itu sebisa mungkin hindari beberapa hal di bawah ini :


1. Konten Copy Paste


Semua Blogger Profesional pasti setuju dengan hal ini, karena jika anda menggunakan cara Copy Paste dan mengambil source dari Blog lain tanpa anda edit sama sekali, dengan tujuan untuk memperbanyak konten Blog yang anda buat.

Maka cara ini 100% adalah salah, karena tidak ada nilainya sama sekali jika anda mengCopy content orang lain, anda tidak akan mendapatkan profit sama sekali dari cara ini, malah pada akhirnya anda akan mendapat kerugian.

Karena Faktanya Google punya algoritma untuk menghapus konten hasil Copy Paste dari halaman pencarian mereka, jadi anda Blogger pemula? jangan pernah sekali-kali berpikiran sukses dari hasil Copy Paste.


2. Membuat Konten Illegal


Tidak perlu saya jelaskan Konten Ilegal itu secara detail, intinya konten yang terlarang yang sudah pasti melanggar asas dan hukum itu sangat tidak di sarankan untuk di buat.

Anda Blogger Pemula, harus tahu aturan mainnya, jika anda sudah salah memulai dengan membuat konten bertema illegal, maka lambat laun anda akan terkena masalah.

Saya pikir anda pasti tahu apa yang saya maksud dengan Illegal disini, yaitu adalah konten terlarang, pencurian, penjiplakan, hacking dan mengajarkan sesoorang untuk berbuat hal yang tidak semestinya untuk di lakukan.

Selain Blog anda akan di anggap negatif dan tidak akan membuahkan hasil yang manis dalam kasus yang lebih berat anda juga harus terlibat dengan hukum dan sudah banyak kasus seperti ini yang terjadi, ingat jangan sampai tergiur dan terjerumus!


3. Membuat konten sensitive


Meski tidak ada larangan terkait hal ini, karena bisa bersifat negatif dan positif, demi bermain aman saya sarankan jangan pernah mendekati atau membuat sebuah konten sensitive, karena orang yang membaca artikel yang anda buat bisa jadi salah mengartikannya.

Perlu saya tekankan disini yang saya maksud konten sensitive disini adalah seperti konten Politik, tokoh Politik, terkait Ras, Individu dan Agama.

Jika anda tidak menguasai bahan konten tersebut secara benar, maka saya sarankan tidak usah saja, karena bahasan untuk membangun sebuah Blog itu ada banyak macamnya.


4. Hanya fokus untuk uang


Memang pada akhirnya semua Blogger yang sudah besar itu pasti mendapat pendapatan yang tidak sedikit. Namun, akan salah jika dari awal yang anda harapkan adalah uang, karena saya pikir pendapatan ini harus berada di urutan ke-2 setalah anda memperhatikan kualitas Konten yang anda buat.

Paham? coba fokuskan saja untuk membuat sebuah artikel yang bermanfaat dengan kualitas bahasan dan tulisan yang baik, sehingga bisa di terima pembaca dengan mudah, jangan letakan orientasi anda ke uang atau pendapatan jika anda masih membangun sebuah Blog.

Percaya saja, jika orientasinya adalah uang maka sulit untuk anda berkembang, saya disini berbicara atas pengalaman saya sendiri, ingat pentingkan kualitas dari pada hasil! maka dampaknya pasti akan sangat manis, meski tidak akan bisa cepat untuk anda capai.


5. Jangan buat tulisan yang begitu pendek


Inilah kesalahan yang juga harus di hindari, memang tidak ada peraturan agar anda membuat artikel dengan jumlah kata tertentu.

Tetapi, usahakan paling tidak anda membuat 250 kata minimal, cara ini bukan hanya untuk membuat artikel atau bahasan yang anda buat menjadi bahasan dan tulisan yang bermutu, lebih lanjut hal ini juga untuk membuat agar anda terbiasa membuat dan mengetik dengan jumlah kata yang banyak.

Karena, artikel Top dan berhasil mendapat peringkat itu pasti adalah artikel yang terbukti kebenarannya, dapat di percaya, penjabaran dan penjelasannya baik, pastinya jumlah kata di dalam artikel tersebut tidak sedikit dalam artian pasti itu adalah sebuah artikel dengan jumlah kata yang banyak.

Membuat konten yang To do Point memang tidak ada salahnya, tetapi alangkah lebih baik untuk membuatnya lebih panjang lagi dengan memasukan narasi, fakta hingga basa-basi, dengan demikian artikel yang anda buat pasti akan terlihat lebih berkualitas.


6. Jangan menghalalkan segala cara


Seperti yang saya jelaskan di atas, membangun sebuah Blog itu ada cara mainnya, anda tidak boleh menggunakan segala cara untuk bisa mendapatkan traffic dan ranking yang tinggi, ada batasan yang harus anda terapkan.

Seperti yang anda ketahui di dunia Blogging sendiri ada yang di sebut dengan kaum Black Hat yaitu adalah mereka yang menggunakan cara tertentu untuk bisa beranjak mendapatkan hasil yang cepat, mereka ini biasanya di sebut dengan Cheater.

Saya sendiri memang pernah menggunakan cara tersebut dan hasilnya memang cepat. Namun, cepat juga sirnanya.

Pikirkan saja di orang di balik Google Search itu adalah orang-orang terbaik, jika anda melakukan sebuah kecurangan, mungkin sekarang belum ketahuan, tetapi nanti saya katakan itu pasti terjadi! dan hasilnya akan sangat menyakitkan.

Maka dari itu sebisa mungkin gunakan saja cara yang bersih jika ingin curang, jangan menjadi seoarang Cheater, lakukan pada Zona yang lebih aman yaitu Zona abu-abu, selain belajar anda juga bisa mendapatkan pengetahuan disini. Tetapi, dengan resiko yang harus anda hadapi sendiri.


7. Jangan se-enak jidat untuk update artikel


Menjadi seorang Blogger profesional itu maka ada yang harus di korbankan, yaitu adalah waktu! karena menjadi seorang Blogger itu artinya anda harus aktif dan terus mempublish Posting terbaru untuk para pembaca setia di Blog yang anda kelola.

Jika tidak ada jadwal dan jumlah berapa Posting artikel yang harus anda Posting setiap hari atau seminggu sekali, maka sudah pasti jangan pernah berharap Blog anda akan Populer, karena Blog yang sukses itu pasti memiliki konten variatif dengan ratio Update Artikel yang teratur pula.


8. Jangan terlalu Fokus ke SEO


Umumnya SEO (Search Engine Optimization) itu memang penting, tetapi tidak kalah penting dari Quality Post!

Banyak Blogger di luar sana yang sukses tanpa perlu tahu apa itu SEO! cara mengaplikasikan SEO! dan lain sebagainya, yang mereka lakukan hanyalah membuat konten yang berkualitas saja.

Hasilnya maka akan lebih baik dari mereka yang hanya fokus ke SEO saja, saya tidak melarang anda untuk belajar SEO, malah saya sarankan untuk anda mempelajarinya.

Tetapi perlu di ingat SEO tidak akan bisa berbuat banyak jika konten yang ada di Blog anda tidak berkualitas.

Maka dengan demikian, SEO ini hanyalah penunjang dan tidak bisa di jadikan titik fokus anda, perbanyak fokus anda pada konten yang anda buat, maka saya sangat yakin anda akan mengalahkan Blog yang SEO-nya lebih bagus dari Blog anda, karena Content is King! remember that!


9. Sembarangan Share link artikel di social media


Secara umum Media Social memang penting untuk mendongkrak popularitas dari sebuah Blog. Tetapi, harus di lakukan dengan cara yang tepat dan harus dengan strategi yang tepat pula.

Karena jika anda sembarangan saja melakukan Share se-enak jidat anda, maka jangan heran jika konten anda di curi oleh orang dalam kasus ini adalah Copy Paste dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jika Ranking Blog-nya lebih tinggi dari punya anda, sudah pasti artikel Copy Paste yang telah mereka lakukan mengungguli Ranking Artikel anda di halaman pencarian.

Meski demikian konten Copy Paste itu tidak akan bertahan lama. Namun, tetap saja hal ini akan sangat mengganggu.

Terlebih lagi jika anda sial, maka Blog anda akan diserang dengan beragam teknik yang ujung-ujungnya akan memberikan dampat yang sangat negatif dan merugikan untuk anda, jadi hati-hati dalam melakukan Share di Social Media.


10. Meremehkan Blog saingan


Anda Blogger Pemula? dan anda merasa Ranking Blog anda lebih baik sekarang dari pesaing anda? jika anda tidak hati-hati maka anda akan disalip dan trafic dari Blog anda akan di curi oleh pesaing.

Benarkah ini bisa terjadi? ya sudah pasti bisa, karena semua orang itu bisa berkembang, jika anda tidak bisa berkembang lebih jauh dan anda malas untuk berkembang, maka bisa saja dalam waktu hitungan bulan saingan anda berubah menjadi sangat ganas dan bahkan berbeda jauh dari level sebelumnya.

Maka dengan demikian anda itu harus respect terhadap saingan Blog atau situs anda, jangan remehkan, selalu pantau perubahan yang terjadi di Blog saingan, jika anda mengabaikannya, maka jangan heran jika nantinya anda menyesal.

Ingat! Tipikal para Blogger itu adalah mencapai puncak tertinggi di hasil halaman pencarian dan ini berlaku bagi semuanya, jika anda longgar atau berbuat masa bodo, maka disini anda sudah kalah dari segi semangat dan kemauan dan tunggu tanggal mainnya saja lagi Blog anda di salip oleh saingan anda.


11. Lakukan Optimasi Tampilan seadannya


Meski ini terbilang bebas-bebas saja, saya sarankan buatlah tampilan Blog anda senyaman mungkin untuk di lihat dan di baca.

Karena "keren" menurut anda bisa jadi "tidak keren" menurut pembaca, jadi lebih baiknya adalah gunakan saja konfigurasi yang netral, jangan terlalu berlebihan dalam membuat tampilan yang bisa jadi akan menganggu navigasi Blog, menyakiti mata pengunjung hingga memperlambat loading Blog.


12. Hindari penggunaan kata yang tidak jelas


Umumnya sebuah konten yang baik itu memiliki struktur kata yang bisa di mengerti banyak orang, jangan pernah menggunakan bahasa singkatan misal (dn, yg, mksd, dll), ingat! disini anda menulis sebuah konten bukan menulis sebuah pesan.

Artinya jika tulisan yang anda buat itu mudah untuk di pahami, berkata kata-kata yang jelas, maka status artikel berkualitas bisa saja anda dapatkan.

Selain itu sebisa mungkin minimalisir kata-kata yang "Typo" atau salah ketik, meski saya sendiri juga sering Typo, hal itu masih tetap wajar saja, tetapi dengan jumlah Typo yang tidak banyak atau hanya ada di temukan 1-2 saja di setiap artikel itu masih bisa di maklumi.

Tetapi jika ada banyak sekali Typo, maka bersiap saja, artikel anda tidak akan menarik minat pembaca untuk membaca lebih jauh artikel yang sudah anda tulis.

Saya pikir ke-12 hal di atas, harus dan sangat anda tekankan, jika anda memang sedang belajar menjadi seorang Blogger yang profesional.

Saya sangat yakin bahwa para Blogger yang sudah lama malang melintang di bidang ini setuju dengan apa yang saya sampaikan diatas, karena semuanya itu bersifat basic atau mudahnya adalah merupakan sebuah pedoman awal yang harus di lakukan.

Terakhir, Anda Blogger Pemula? maka saran saya terus saja berikan yang terbaik sebisa anda, terus belajar dan tetap bersemangat untuk mencapai target yang sudah anda cita-citakan, percaya saja tidak ada kerja keras yang tidak membuahkan hasil, saya sudah membuktikannya! tingga anda sekarang! semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact