Panduan membuat konten Blog Berita yang baik dan benar

Panduan membuat konten Blog Berita yang baik dan benar

Panduan membuat konten Blog Berita yang baik dan benar

Konten Blog Berita memang menjadi pilihan terbaik bagi beberapa Blogger, karena pada faktanya konten berita akan sangat cepat dalam mendatangkan visitor ke Blog yang anda kelola, hanya saja banyak di antara mereka yang tidak tahu dan terhitung asal-asalan dalam membuat konten Blog Berita tersebut.

Pada kenyataannya membuat Artikel Berita itu juga harus ada aturan mainnya, jika anda sembarangan dalam membuat konten Berita tersebut, bisa jadi suatu saat anda akan terkena masalah dari apa yang sudah anda tulis, tidak percaya? berikut adalah 2 masalah yang pasti akan di hadapi jika anda tidak membuat konten Berita tersebut secara benar :

1. PENALTY DARI GOOGLE

Perlu anda ketahui bahwa Blog Berita itu lebih di fokus kan Google dalam pengawasannya di banding dengan tipe Niche yang lain, karena konten Berita yang ada di halaman Google Search itu harus yang kredibel dan yang terpercaya.

Seperti yang anda ketahui Google sangat membenci yang namanya SPAM, artinya itu bisa juga berupa HOAX, konten SARA dan lain sebagainya yang dapat merugikan beberapa pihak, maka jika anda terkena sesuatu yang seperti ini, maka saya jamin Blog anda akan hilang dari Peredaran Index, lebih parahnya anda akan di amankan oleh pihak berwajib, seperti yang sudah-sudah.

Maka dengan demikian, jika anda memang berniat membangun sebuah Blog Berita maka anda harus bisa mempertanggung jawabkan segala sesuatu yang telah anda Publish di Blog tersebut, karena jika anda hanya ingin membuat Blog Berita dengan tujuan uang tanpa perlu memperhartikan konten, saya hanya bisa bilang hati-hati, semua mata tertuju kepada anda!

2. TIDAK PROFESSIONAL

Sudah jelas dan pasti Blog anda tidak akan mendapat predikat sebagai media Berita terpercaya jika anda melakukannya secara tidak benar, karena aturan main dari Blog Berita ini menurut saya sangat ketat dan anda harus disiplin terhadap hal tersebut.

Jika artikel Berita yang anda tulis tidak dapat di pertanggung jawabkan, maka sudah pasti "CAP" tidak profesional dan terpercaya akan anda dapati, maka dari itu ikuti aturan main dari Blog Berita tersebut agar anda bisa mendapat kedudukan yang baik di mata para Visitor.

Panduan membuat konten Blog Berita yang baik dan benar


Dengan demikian, jika anda memang berniat untuk membuat Blog Berita, maka saya punya beberapa Tips untuk anda agar Blog Berita yang anda kelola bisa tampak lebih Profesional dan meyakinkan, berikut adalah hal-hal yang saya tahu terkait pembuatan Blog Berita yang baik dan benar :

1. SUMBER BERITA

Sudah pasti jika anda menjalankan Blog Berita secara mandiri dan tidak punya tim redaksi, maka anda pasti akan mengambil referensi dari web lain bukan?

Jika iya ingat! selalu gunakan referensi dari web Berita yang terpercaya, jika memang ada pemberitaan yang Viral namun isinya menjatuhkan pihak tertentu, hindari itu karena akan berbahaya jika anda ketiban sial, ingat hal ini!

Selanjutnya, etika dalam membuat Blog Berita, jika konten anda berdasarkan konten web Berita lain, selalu "SERTAKAN SUMBER DARI BERITA TERSEBUT" jika anda tidak melakukan hal ini, maka anda memang tidak niat dalam membangun Blog Berita.

Disitu letak profesionalitas anda sebagai maintainer Blog Berita yang anda kelola, anda harus respect kepada penyebar Berita pertama, sertakan alamat link referensi dari Blog Berita tersebut, tidak mesti dalam bentuk link aktif atau bersifat dofollow.

Anda bisa menyertakan sumber tersebut hanya dengan text biasa saja, karena memang tidak ada aturannya anda harus mereferensikannya seperti apa, yang pasti sertakan alamat dari sumber Berita yang anda tulis, jika Berita tersebut murni dari anda sendiri, anda yang melakukan kegiatan redaksi sendiri, meliput secara langsung, maka anda tidak berhak menempatkan referensi apapun, karena semua dokumen berupa text, foto atau video itu akan berlisensi kepunyaan anda sendiri.

2. JELAS DAN PADAT

Anda harus bisa membedakan artikel biasa dan artikel Berita, karena kedua hal ini bisa jadi sangat-sangat berbeda.

Karena sudah berbeda esensi, jika pada konten Artikel biasa bersifat bacaan santai dan bisa anda buat sepanjang-panjangnya, maka artikel Berita itu tidak seperti itu, karena isinya harus "JELAS, TEGAS, PADAT".

Artinya tidak boleh ada hal lain yang anda bawa kecuali dari isi topik utama Berita tersebut, isinya pun tidak mesti panjang, biasanya Artikel Berita yang baik itu hanya 4-7 Paragraf saja, karena dengan jumlah yang padat informasi tersebut, para Visitor bisa dengan mudah memahami maksud dari pemberitaan tersebut.

3. PERHATIKAN ARTIKULASI

Jika anda menulis sebuah Berita maka harusnya anda memperhatikan setiap kata dan kalimat yang anda buat, itulah kenapa biasanya pada web Berita yang sudah besar, mereka membutuhkan Editor, fungsi utamanya sebenarnya adalah untuk menyaring dari isi Berita tersebut agar pantas dan baik ketika di Baca oleh pada audience.

Jika anda berkerja sebagai "Solo Player" maka anda sendiri yang harus berkerja sebagai Writter dan sekaligus Editor, saya tegaskan lagi, hal ini bukan menjadi hal yang mudah untuk di lakukan!

Sebenarnya, Blog Berita itu harus di kerjakan oleh beberapa orang, maka terlihat wajar, jika Blog Berita tersebut memiliki banyak crew dan bernaung di bawah nama perusahaan atau brand, setau saya pribadi Blog Berita harus mencakup beberapa hal di bawah ini ;

1. Ada Direktur sekaligus Penanggung Jawab
2. Editor
3. Tim Redaksi
4. Tim Creative
5. Mempunyai kecepatan server Blog yang cepat
6. Punya management Web yang baik, biasanya menggunakan Wordpress, untuk platform Blogger tidak bisa di buat Blog Berita berskala besar.
7. Durasi Post minimal puluhan sehari, jika anda ingin Blog anda terlihat profesional
8. Selalu buat paling tidak 1 artikel orisinil, tidak mesti setiap hari yang pasti ada.

Apakah menjalankan Blog Berita itu tidak bisa sendiri? saya tidak pernah bilang tidak bisa di lakukan secara sendiri, anda secara pribadi bisa menjalankan Blog Berita meskipun menggunakan platform Blogger, anda tetap masih bisa membangun Blog Berita tersebut.

Tetapi, jangan berkhayal untuk bisa mengalahkan Web Berita besar sekaliber Detik, Tempo, Kompas dan lainnya, karena jika niatan anda seperti itu anda harus memulai usaha Blog Berita anda dalam bentuk Perseroan Terbatas (PT) bukan usahan sampingan Blog Pribadi yang di kerjakan oleh satu orang saja, jangan terlalu tinggi untuk berkhayal!

Jika anda mengerjakan Blog Berita tersebut secara personal, maka anda bisa memulainya dengan mengambil referensi dari Blog Berita besar yang sudah terpercaya, karena memang hanya ini yang bisa anda lakukan, yaitu adalah mendapatkan visitor dari trend Berita yang tengah menjadi headlines sekarang, maka anda juga akan kebagian kunjungan yang mungkin akan terhitung besar.

#UNTUK SAINGAN (BLOG BERITA MANDIRI)

Sangat-sangat banyak jumlahnya, namun jangan khwatir jika Blog Berita di kerjakan oleh orang pribadi, maka harusnya akan memiliki batasan sama seperti yang anda alami.

Untuk mengalahkan para pesaing tersebut, anda bisa melakukan beberapa hal ini :

1. Update lebih cepat dan jangan takut bergadang
2. Update lebih banyak, biasanya Blog Berita yang di kerjakan 1 orang bisa memproduksi paling tidak 3-10 Berita perhari.
3. Buat konten tersebut lebih mempunyai kualitas di banding konten para pesaing.
4. Gunakan kekuatan social media untuk menciptakan Viral.

# KEUNTUNGAN YANG DI DAPAT

Seseorang yang punya niatan untuk membangun sebuah Blog Berita itu pasti selalu di landasi oleh beberapa aspek, salah satunya adalah keuntungan.

Benar saja, jika konten Berita yang anda tulis menjadi Viral maka anda bisa mendapatkan Visitor yang sangat besar, bisa anda bayangkan sendiri jika anda menggabungkannya dengan Adsense, tentunya pendapatan anda untuk hari dimana konten tersebut Viral pasti akan melonjak tajam.

Terlebih lagi, jika anda mampu tembus di Google News, maka bersiaplah anda akan kebanjiran Visitor Organic dan Ranking Blog Berita yang anda kelola akan semakin meningkat tajam.

Hanya saja, untuk mencapai hal tersebut tidaklah mudah, karena anda harus berkerja sekeras-kerasnya agar bisa mencapai posisi tersebut, terlebih jika anda membangun Blog Berita secara mandiri.

Maka dari itu sebenarnya target yang mesti anda penuhi jika menajalankan Blog Berita secara mandiri adalah bagaimana caranya agar Blog Berita yang anda tulis menjadi referensi dari Blog Berita lain.

Dengan hal ini, maka anda juga akan mendapat kunjungan timbal balik yang terhitung lumayan, meski tidak sebanyak total Visitor dari konten yang Viral, namun hal ini akan juga berdampak dengan kredibilitas informasi yang anda sajikan.

Itulah beberapa hal yang saya tahu terkait pembuatan konten Artikel Berita yang baik dan benar, lalu jika ada pertanyaan, apakah saya pernah menjalankan Blog Berita? Jujur iya dan sekarang sudah tidak, karena sulitnya bersaing dan sangat melelahkan harus update banyak Berita setiap hari.

Apakah dulunya saya bisa mendapatkan Visitor banyak? Iya saya mendapatkan ribuan Visitor hanya bermodalkan konten Berita yang sedang trending, tetapi ketika Google sudah serius memberantas Blog Berita yang tidak jelas asal usul informasi organisasinya, sejak saat ini Blog Berita yang saya bangun sepi pengunjung, maka dari itu saya putuskan untuk pensiun dari Niche tersebut.

Lalu anda sendiri apakah ingin mengambil tantangan ini?

Baca juga:

Philiadi Agung Wicaksana
Pasha Dino

"Berkerja Saat Ingin"

Buka Komentar

No comments