Rabu, 12 September 2018

Jenis topik utama pembahasan Blog (Niche) yang paling populer dan menguntungkan

Jenis topik utama pembahasan Blog (Niche) yang paling populer dan menguntungkan

Jenis topik utama pembahasan Blog (Niche) yang paling populer dan menguntungkan

Ketika anda ingin mulai membangun sebuah website pasti anda memikirkan topik apasih yang layak untuk di bawa? memang pada kenyataannya siklus ini pasti akan terjadi untuk semua Blogger yang ada di seluruh dunia.

Memang benar melakukan kegiatan Blogging itu cukup mudah, tinggal buat artikel sesuka hati dan beres, iya memang segampang itu, tetapi kalau ingin di arahkan agar bisa mendapat potensi pundi-pundi uang, bagaimana? tentu saja hal ini tidak bisa sembarangan untuk di lakukan.

Jika niat anda memang ingin Blog anda bisa di gunakan sebagai media untuk mendulang sejumlah rupiah, maka hal pertama yang mesti anda lakukan adalah dengan cara mencari Topik atau pembahasan utama yang akan tulis dan update setiap harinya.

Umumnya para Blogger menyebut Topik pembahasan itu sebagai "Niche" jadi jangan heran jika dalam suatu Forum atau Grup anda mendapati kata-kata Niche tersebut, karena hal itu sejatinya menggambarkan Topik bahasan yang ada di Blog atau Situs bersangkutan.

Jenis topik utama pembahasan Blog (Niche) yang paling populer dan menguntungkan


Sejauh ini ada beberapa Topik atau Niche yang paling populer dan sangat menguntungkan, artinya jenis Topik (Niche) tersebut mempunyai persentasi pencarian kueri tertinggi, lalu beberapa Niche yang di maksud adalah sebagai berikut :

1. Teknologi (berhubungan dengan dunia Komputer, Jaringan, Gadget, Smartphone, dan segala hal yang berbau Digital)
2. Kesehatan (berhubungan segala hal terkait Jasmani, Rohani dan Kecantikan)
3. Keuangan
4. Automotif (Berhubungan dengan segala macam jenis kendaraan)
5. Gaya Hidup (Seperti Fashion, dll)
6. Keagamaan
7. Misteri
8. Politik

(Beberapa Topik yang saya sebutkan di atas, bukan di urutkan berdasarkan Ranking-nya, melainkan saya hanya sekedar menyebutkan saja) 

Setelah anda memutuskan ingin memilih Niche yang seperti apa, selanjutnya yang perlu anda pertimbangkan adalah jenis pengolahan dari Topik tersebut, apakah hanya akan di olah sebagai tulisan dalam bentuk umum saja atau tidak, beberapa jenis pengolahan Topik yang baik adalah sebagai berikut berdasarkan sifatnya :

1. Berita (News)
2. Tutorial
3. Tips & Trick
4. Download
5. Compare
6. Review
7. Suggesting
8. Fact & Opinion

Saran saya, jika anda memang sudah memutuskan Topik yang ingin anda pilih, lebih baik anda memilih beberapa jenis sifat dari Topik tersebut, seperti mengolah beberapa konten Berita, Tutorial, Tips & Trick dan Review bersamaan, karena dengan demikian, konten Blog anda akan beraneka ragam, tetapi dalam satu Niche yang masih tetap sama.

Mungkin setelah anda membaca tulisan saya di atas, mungkin pertanyaan ini akan muncul di benak anda "Apakah dalam mengelola sebuah Website itu baiknya hanya boleh mengolah satu buah Niche saja?" Maka jawabannya saya tidak.

Anda bebas mau menyertakan beberapa Niche (Topik) sekaligus dan umumnya jenis seperti ini kerap di sebut dengan "Blog Konten Gado-Gado", keuntungan dari hal ini ialah :

1. Anda hanya perlu menulis sesuatu yang menarik menurut anda tanpa terbatas topik
2. Jumlah Trafik bisa lebih cepat meningkat dalam setiap kurun waktu, di bandingkan Webiste dengan jenis Niche khusus.

Tetapi, hal ini juga bisa menimbulkan efek negatif jika anda memang ingin mengolah Website Gado-Gado, seperti :

1. Blog anda mungkin akan di pandang tidak punya identitas spesial (Terkecuali webiste sekaliber Detik.com dkk)
2. Bagi pemain Adsense, tipe Blog Gado-Gado hampir tidak di sukai, karena harga Iklan yang tampil itu rata-rata rendah, berbanding terbalik dengan Webiste dengan satu Niche, rata-rata biaya per-klik iklannya tampak lebih besar dan maksimal

Kalau anda berpikir Topik (Niche) apa yang bisa spesial di mata Google Search atau Jenis Niche mana yang mungkin akan cepat mendatangkan ribuan visitor? maka jawabannya TIDAK ADA!

Semua Niche atau Pembahasan itu tidak ada pengaruhnya sama sekali di mesin pencari, yang menjadi permasalahannya adalah bagaimana cara anda agar konten anda berkualitas.

Dengan demikian, maksud dari tulisan ini adalah hanya ingin membantu anda untuk menemukan ide untuk membuat dan membangun website dengan jenis atau Niche paling populer yang ada saat ini, untuk bagaimana cara mendapatkan visitor banyak, ya anda memang di haruskan membuat konten yang berkualitas dan juga unik, hal teknis semacam ini hanya anda seorang yang bisa mengendalikannya.

Jadi, saran dari saya adalah temukan jenis Niche yang paling anda sukai dan kuasai, sehingga anda nyaman dan merasa tidak terbebani dari itu, jika anda bisa menulis konten dengan nyaman, maka tidak menutup kemungkinan konten yang anda tulis akan sangat berkualitas, karena datang dari sudut pandang anda sendiri dan itu bernilai!

Sehingga pada akhirnya menentukan Topik atau Jenis Pembahasan itu juga termasuk dalam sesuatu hal yang penting, jadi pikirkan dan gambarkan terlebih dahulu visi anda kedepannya, sehingga sesuai dengan ekspektasi anda, good luck!

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact