Selasa, 07 Agustus 2018

Cara mengetahui Blog apakah terkena Hack atau tidak

Cara mengetahui Blog apakah terkena Hack atau tidak

Cara mengetahui Blog apakah terkena Hack atau tidak

Tindakan ilegal seperti hacking memang sudah lumrah terjadi sekarang ini, kita telah banyak melihat kasus serupa yang mungkin di publikasikan ke dalam sebuah pemberitaan besar atau pun melihatnya secara langsung terhadap kasus hacking tersebut.

Dunia blogging pun tidak luput dari pada praktek illegal tersebut, karena seperti yang kita tahu webiste dengan platform apapun bisa untuk di bobol keamanannya, tujuan para hacker melakukan hal ini memang beragam seperti :

1. Ingin unjuk gigi agar di kenal atas ulahnya
2. Ingin mencuri data yang menurutnya penting
3. Tidak suka dengan website tersebut
4. Hanya untuk iseng
5. Terpancing emosi terhadap event tertentu yang menurut pihak mereka tidak benar

Sebenarnya para hacker memang tidak perlu alasan khusus untuk melakukan tindakan hacking, karena memang pada dasarnya perkerjaan hacker ya melakukan hacking, maka dengan demikian sebaiknya kita benar-benar menjaga website yang kita kelola, jangan terlalu banyak membuat konten kontroversial yang akan memicu amarah pihak tertentu.

Cara mengetahui Blog apakah terkena Hack atau tidak


Sebenarnya secara fisik maupun secara teknis, anda bisa memantau apakah webiste yang anda kelola telah di susupi hacker atau tidak, dala artikel ini saya akan jelaskan secara sederhana saja, berikut adalah beberapa hal yang bisa kalian terapkan untuk melihat indikasi apakah blog anda terkena hack atau tidak :

1. Lihat aktivitas login email (Khusus Gmail)

Anda bisa memantau aktivitas online dari akun Gmail anda, kenapa Gmail? karena pastinya ketika anda login ke Blogger maka anda memerlukan akun Gmail, jika akun Gmail anda bisa di akses orang lain maka tindakan seperti ini sudah menjadi tindakan Hacking sebenarnya, karena anda tidak tahu dan faktanya anda juga tidak memperbolehkan orang lain untuk bisa mengakses akun Gmail anda.


Untuk itu silahkan masuk ke Google Account>>Device Activity & Security Event, lihat log ketika anda login menggunakan perangkat komputer atau smartphone, jika ada indikasi bahwa ada smartphone atau komputer tertera di list tersebut, tetapi anda tidak merasa memilikinya, maka anda harus waspada dan langsung saja ganti Password Gmail anda secepat mungkin.

2. Webmaster Tool Google Security Issues

Jika memang blog anda telah di hack dan hacker tersebut berupaya melakukan redirect ke halaman yang mungkin berbahaya secara paksa dengan metode illegal, harusnya anda bisa mengetahui hal tersebut dengan mengunjungi Search Console Google>>Security Issues.


Jika memang ada indikasi terkena Hack, maka harunsy akan muncul peringatan Warning! dan anda di haruskan memperbaiki hal tersebut secepatnya, jika tidak maka akan sangat merugikan karena bisa jadi Blog anda tidak bisa di akses oleh visitor dan akan berdampak ke pendapatan.

3. Indikasi di halaman Google Search

Google sendiri memang serius terhadap tindakan illegal tersebut, sehingga jika ada Blog yang terkena Hack, maka harusnya di Google Search akan muncul tulisan "This Site May be Hacked".


Indikasi ini sengaja di sertakan pihak Google, karena bisa jadi jika anda mengakses situs tersebut maka anda juga akan terkena dampak negatif dari hal tersebut, seperti terjadi redirect ke webiste yang memiliki konten negatif, hingga ter-infeksi virus semacam malware.

4. Tampilan webiste

Ini cara yang paling mudah untuk bisa anda lakukan, yaitu adalah dengan melihat secara langsung ke webiste terkait, jika tampilan website yang anda lihat tidak seperti seharusnya mungkin acak-acakan bahkan secara terang-terangan di sebutkan bahwa situs anda telah terkena Hack, maka harusnya saat ini anda sudah bisa panik! karena memang blog anda sudah di serang oleh Hacker dan harus segera di pulihkan.

Dengan demikian, itulah beberapa hal yang mungkin bisa menjadi indikasi apakah Blog yang anda kelola telah di Hack atau tidak, mungkin tidak terlalu lengkap penjelasan saya ini, tetapi setidaknya begitulah gambarannya, semoga bermanfaat.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact