logo

Selasa, 03 Juli 2018

Setting Robot.txt yang benar untuk Blogger

Setting Robot.txt yang benar untuk Blogger

Setting Robot.txt yang benar untuk Blogger

Jika kalian seorang Blogger yang masih perlu belajar banyak tentang cara kerja mesin pencari dalam melakukan Index terhadap konten website yang anda miliki, maka salah satu hal yang perlu anda perhatikan adalah penggunaan Robot.txt.

Robot.txt sendiri adalah sebuah tool yang menurut saya penting penggunaannya, karena tool ini bisa di manfaatkan untuk mengendalikan tindakan dari perayapan Robot di website yang anda miliki, secara garis besar penggunaan Robot.txt tersebut cukup sederhana, yang meski anda lakukan ialah hanya meletakan perintah saja.

Namun, pada pembahasan kali ini kita tidak akan berbicara banyak terkait apa saja yang bisa di lakukan dengan perintah Robot.txt tersebut, melainkan hanya akan berbicara terkait settingan yang benar untuk bisa di terapkan di website dengan platform Blogger.

Perlu kalian ketahui, sebenarnya konfigurasi Robot.txt ini sangat di perlukan oleh para mesin pencari, seperti contoh Google Search, Bing, Yandex, Duckduckgo dan lain sebagainya, untuk itu penggunaan Robot.txt yang salah itu sangat berdampat negatif untuk konten blog kalian, karena bisa jadi konten atau artikel kalian tidak bisa ter-index dengan baik di mesin pencari.

Blogger sendiri secara default tidak mengaktifkan fitur ini, karena memang pada faktanya meski fitur ini tidak aktif, konten kalian masih tetap akan bisa ter-index, hanya saja konon kabarnya akan sedikit lebih lamban di banding Blog yang aktif fitur Robot.txt nya.

Setting Robot.txt yang benar untuk Blogger


Berikut adalah settingan Robot.txt yang benar, maksud dari kata "benar" ini adalah menuju ke kata "standard" karena yang standard itu pasti selalu benar, karena telah umum di gunakan, maka dari itu kita akan implementasikan konfigurasi Robot.txt standard ini di website yang anda miliki.

1. Silahkan anda masuk ke dashboard Blogger dulu.
2. Selanjutnya masuk ke menu Settings>>Search Preferences.
3. Pada halaman ini lihat ke bagian Custom Robot.txt, awalnya akan berlabel disable, klik Edit untuk mengaktifkan fitur ini.


4. Jika sudah silahkan masukan perintah ini di form yang telah di sediakan :

User-agent: *
Allow: /
Disallow: /search
Sitemap: NAMA BLOG ANDA/sitemap.xml

Maka hasilnya akan seperti ini :


5. Langkah terakhir, tekan Save Changes.

Pada tahap ini kalian sudah berhasil mengaktifkan Robot.txt dan selanjutnya tinggal tunggu saja mesin pencari melakukan index secara otomatis terhadap konten baru di website yang anda kelola, ingat jangan sembarangan melakukan utak-atik terhadap fitur ini, karena akibatnya bisa sangat fatal.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact