Jumat, 06 Juli 2018

Amankah menggambil gambar di Google gambar sebagai bahan tulisan Blog?

Amankah menggambil gambar di Google gambar sebagai bahan tulisan Blog?

Amankah menggambil gambar di Google gambar sebagai bahan tulisan Blog?

Sejatinya tulisan artikel yang menarik itu adalah artikel yang menyertakan gambar, pasti semuanya setuju dengan anggapan tersebut dan jika ingin menyertakan gambar anda kemunginan akan mencari di fasilitas Google gambar bukan? lalu pernahkah kalian berpikir apakah cara ini aman?

Memang hal ini menarik untuk kita bahas secara lebih mendalam, karena jika kalian asal-asalan dalam mengambil gambar di Google gambar Blog yang anda kelola bisa jadi terkena pinalty hak cipta di kemudian hari yang kita kenal dengan DMCA.

Hal tersebut pastinya sangat merugikan, karena Blog yang anda jalankan bisa saja di hapus secara sepihak bisa itu melalui tempat Hosting langganan anda ataupun hilang dari Google pencarian, lalu pertanyaan seratus dollarnya adalah apakah aman menggunakan gambar dari hasil Google gambar untuk di buat kedalam tulisan artikel Blog?

Amankah menggambil gambar di Google gambar sebagai bahan tulisan Blog?


Maka saya pikir akan aman saja, asal tidak merugikan siapapun, dengan artian jika itu bukan gambar yang memiliki hak cipta maka harusnya akan aman saja, namun jika gambar yang memiliki hak cipta maka anda harus mencantumkan sumber dari gambar tersebut, meminta izin kepada pemilik hak cipta akan lebih bagus lagi, karena anda akan memiliki jaminan terhadap hak penyebaran gambar tersebut.

Selain itu Google juga telah memperingatkan bahwa mungkin gambar yang tampil di Google gambar tersebut bisa jadi memiliki hak cipta yang bisa kalian lihat di setiap gambar yang tampil.

Berikut saya akan jelaskan ciri-ciri gambar di Google gambar yang mestinya tidak kalian ambil sebagai bahan untuk artikel Blog kalian, jika tidak ingin mencantumkan sumber gambar atau meminta ijin terlebih dahulu.

1. Hindari gambar yang mempunyai watermark
2. Hindari gambar ekslusif berhak cipta (biasanya muncul di website besar)
3. Hindari mengambil gambar dari hasil tangan orang, seperti karya seni lukis, photography, ataupun seni rupa lainnya, jika tetap ngotot ingin menyertakan gambar tersebut sertkan sumber dari gambar tersebut!

Selanjutnya, jika anda tidak ingin terkena DMCA atau pelanggaran hak cipta, maka akan lebih baik anda menyertakan sumber dari gambar tersebut di bagian bawah gambar, misalnya di Blogger sendiri anda bisa menekan gambar tersebut lalu memilih opsi Add Caption.


Lalu isikan sumber terkait, disini anda bisa memasukan URL terkait atau bisa juga hanya menyertakan nama Domain atau Author dari pemilik hak cipta dari gambar tersebut, dengan ini harusnya posisi anda sudah aman dari segala macam bentuk pelanggaran hak cipta.


Selain itu hal ini juga di perlukan untuk membuat kesadaran akan diri kalian sendiri, bahwa pasalnya setiap karya itu wajib di apresiasikan minimal dengan mencantumkan sumber, maka dari itu jika anda ingin menjadi seorang blogger profesional, maka salah satu hal yang mesti anda lakukan adalah menanamkan respect terhadap karya orang.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact