Apakah Facebook Comment Blogger bisa Terindex di Search Engine? - ASHADIN

Thursday, February 28, 2019

Facebook Comment Blogger bisa Terindex ?

Apakah Facebook Comment Blogger bisa Terindex di Search Engine?

FB Comment terindex di Google

Jika anda seorang Blogger yang mungkin sudah lama di dunia ini pasti tahu atau pernah tahu, bahwa di luar sana ada beberapa jenis Comment System yang bisa anda gunakan dan di pasang ke Blog yang anda miliki.

Beberapa dari Comment System tersebut adalah Facebook Comment, Disqus dan Google+, yang paling banyak di gunakan sekarang ini adalah Comment System bawaan Blogger, bukannya jelek, hanya saja biasanya Custom Comment System tersebut akan lebih mudah untuk di Moderasi dan user yang memberikan Comment pun di mudahkan dengan beragam fitur yang tidak ada di Comment System Blogger.

Secara umum Comment System yang ada di suatu Blog itu memang penting untuk komunikasi antara pengunjung dan pemilik Blog, selain itu dampak positif dari penggunaan Comment System ini adalah Ranking Artikel anda akan naik sekian persen berkat Engage yang terjadi di Blog yang anda miliki.

Hanya saja biasanya Comment System ini sering di salahgunakan oleh para pengunjung, salah satunya adalah untuk melakukan SPAM hingga Hate Speech, itulah kenapa saya memilih untuk mematikan Comment System sementara untuk Blog ini, tetapi nanti pasti akan saya buka lagi, jika keadaan sudah kondusif.

Kali ini kita hanya akan membahas terkait Faceboot Comment saja dan saya pikir pembahasan ini juga bisa anda simpulkan ke Comment System yang lain, yaitu adalah apakah Comment yang ada di Custom Comment System seperti Facebook Comment bisa terindex di halaman pencarian seperti Google Search?

Secara umum banyak Blogger menjawab tidak! alasannya adalah karena Custom Comment itu menggunakan metode iFrame, sejatinya iFrame itu tidak di Index oleh mesin pencari, mungkin seperti itu alasannya.

Lalu apakah benar? maka saya menjawabnya dengan TIDAK! karena Comment hasil dari FB Comment di Blog ini tetap bisa terindex di Google Search dengan baik, meski itu ada dalam sebuah iFrame.

Saya punya buktinya, berikut adalah salah satu bukti Comment yang bisa terindex di halaman pencarianm Google :

Ini adalah salah satu Comment yang ada di Facebook Comment System di Blog ini :


FB Comment terindex di Google

Dan ini adalah bukti bawah Comment tersebut terindex di mesin pencari seperti Google Search :


FB Comment terindex di Google

Jadi, tanda tanya besar yang anda pikirkan selama ini sudah terjawab, karena Comment System berbasis iFrame terkhusus untuk FB Comment itu bisa terindex dengan baik.

Maka dari itu jika anda ingin menggunakan Comment System Custom, salah satu yang terbaik memang FB Comment, saya tidak tahu apakah Comment Disqus juga akan bisa terindex.

Secara logikanya jika sama-sama menggunakan metode iFrame, saya pikir akan tetap sama terindex seperti FB Comment.

Terakhir, yang paling penting adalah dengan bukti bahwa FB Comment bisa di Index oleh mesin pencari, maka anda juga harus waspada, karena SPAM yang di sebarkan oleh para pengunjung Blog juga pasti akan Terindex,.

Dengan demikian anda harus cermat dan rajin dalam melakukan moderasi komentar yang masuk, jika anda biarkan begitu saja, maka lambat laun Visitor Blog anda akan menurun, di karenakan SPAM yang terlalu banyak dan pastinya akan mengurangi SEO Score.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact